3 December 2015

by Bambang Winarso

[Ask the Expert] Apa Solusi Notifikasi BBM dan LINE yang Tidak Menyala di Advan T1E?

Tiga pertanyaan dari pembaca Dailysocial akan dibahas di sini, mayoritas masih seputar notifikasi aplikasi pesan

Sebelum masuk ke pertanyaan, redaksi Dailysocial Lifestyle ingin mengucapkan terima kasih atas atensi sobat DS diberikan. Dan yang tak kalah penting, redaksi meminta maaf apabila jawaban yang kami berikan terlambat atau bahkan beberapa tidak dapat kami jawab karena informasi yang kurang.

Untuk itu, jika sobat DS berniat mengirimkan pertanyaan. Berikanlah informasi selengkap mungkin agar kami dapat "mendiagnosa" penyakitnya. Sehingga jawaban yang diberikan juga tepat sasaran.

Sekarang kita masuk ke pertanyaan.

Pertanyaan Pertama

Bagaimana cara mengatasi suara dari notifikasi pada bbm dan line yang tidak bunyi? padahal semua sound notifikasinya aktif, sekarang hanya suara telpon dan sms yang bersuara. Saya menggunakan advan T1E. tolong bantu saya dalam mengatasinya.

Mutia Sari

Jawaban

Halo Mutia, terima kasih atas pertanyaannya. Solusi yang pertama, Mutia bisa membacanya di tutorial ini. Tapi tambahkan lagi langkah-langkah ini, setelah memberi tanda centang, geser ke bawah dan temukan tombol Clear Cache, tap OK jika ada popup konfirmasi.

Sebagai alternatifnya, Mutia bisa membaca juga ask the expert edisi lalu di tautan ini dan ini.

Pertanyaan Kedua

Mas Saya Mau tanya nih.. Kenapa ya BBM saya kalau pakai Kartu TSel gak mau konek tapi kalau pakai kartu lain Bisa? Tapi tetap bisa untuk membuka Twitter atau game Online. Kalau BBM harus Konek Wifi baru bisa dibuka. Mohon pencerahannya mas

Muhammed Hendra

Jawaban

Hendra, solusi atas persoalan Anda sudah pernah kami jawab di edisi lalu, lihat jawaban untuk pertanyaan kedua di artikel ini ya.

Tapi saran saya, langsung praktikan langkah-langkah ini:

 

  • Masuk ke Settings – Wireless & Network – More – Mobile Networks. Kemudian pastikan 3G Services aktif dan merujuk ke kartu SIM internet yang Anda gunakan.
  • Di panel yang sama pastikan APN sudah benar dan proxy dalam kondisi tidak aktif.
  • Jika setelah melakukan semua langkah di atas masih bermasalah, solusi terakhir adalah dengan mencoba kartu SIM operator lain untuk koneksi internet Hendra.

Semoga membantu ya...

Pertanyaan Ketiga

Notifikasi di ponsel saya tidak menyala sejak awal pemakaian. Aplikasinya pun tidak bisa dijalankan di belakang layar. Meskipun data saya ON terus, aplikasi BBM dan lain-lain tidak bisa conect. Pernah saya mencoba mengirim pesan BBM dari bbm teman saya ke bbm saya, hasilnya centang. Dan baru masuk ketika saya buka aplikasinya. Tolong minta bantuannya

Benick

Jawaban

Benick, permasalahan Anda hampir sama tapi barangkali di perangkat yang berbeda. Untuk itu, coba lakukan dulu langkah-langkah di artikel ini atau ini. Jika tidak terselesaikan, coba copot aplikasi penghemat baterai yang terpasang di ponsel Anda.

Apabila setelah melakukan langkah di atas tidak terselesaikan, saran saya coba lakukan reset. Caranya bisa Anda baca di artikel ini. Semoga membantu.

Bagi sobat DS yang mempunyai persoalan serupa dan masih mempunyai pertanyaan yang belum terjawab. Silahkan tinggalkan komenter di kolom yang sudah disediakan di bawah, menggunakan akun Facebook sobat. Sebisa mungkin redaksi akan membalasnya.

Sumber gambar header Shutterstock.