Categories

Home Appliance

Nuimo Click Adalah Saklar Pintar untuk Mengontrol Speaker Sonos dan Philips Hue

Murni mengandalkan mekanisme energi kinetik, sehingga perangkat sama sekali tidak perlu di-charge

Glenn Kaonang - 22 October 2018

Tombol atau saklar pintar untuk mengontrol berbagai perangkat smart home bukanlah suatu ide baru di tahun 2018 ini. Akan tetapi ada dua hal unik dari saklar pintar bernama Nuimo Click berikut ini.

Yang pertama, ia bersifat wireless, sehingga dapat Anda tempatkan di mana saja ada permukaan datar (terdapat bahan perekat di sisi belakangnya). Kedua, ia sama sekali tidak perlu diisi ulang baterainya, sebab ia memang tidak memiliki baterai.

Sebagai gantinya, Nuimo Click memanfaatkan mekanisme energi kinetik sebagai suplai dayanya. Setiap kali Anda mengklik salah satu tombolnya, gerakan tersebut akan dikonversi menjadi energi yang cukup untuk mengirimkan sinyal ke Nuimo Hub, yang kemudian akan berkomunikasi secara wireless dengan perangkat smart home.

Untuk sekarang, perangkat yang kompatibel hanya lini speaker Sonos dan lampu pintar Philips Hue (sejauh ini tidak ada informasi apakah Senic selaku pengembangnya berniat menambahkan dukungan terhadap perangkat lain ke depannya). Pun begitu, Nuimo Click mampu merangkap peran sebagai pusat kendali yang lebih alami ketimbang kombo smartphone + aplikasi pendamping.

Untuk Sonos, keempat tombol Click bisa dipakai untuk play/pause, lompat ke lagu selanjutnya, memutar playlist tertentu, maupun tentu saja membesar-kecilkan volume. Untuk Hue, Click dapat digunakan untuk mengubah warna, mengatur tingkat kecerahan, maupun menyala-matikan lampu seperti saklar biasa.

Secara fisik, dimensi Nuimo Click terbilang ringkas, dengan material yang terbuat dari bahan polikarbonat. Satu-satunya kelemahan Click mungkin hanyalah ketergantungannya akan unit Nuimo Hub, yang pada akhirnya berdampak pada harganya yang cukup mahal.

Terlepas dari itu, Nuimo Click sangat ideal bagi konsumen yang tertarik menyederhanakan ekosistem smart home-nya. Starter kit-nya yang mencakup satu Nuimo Hub dan dua unit Nuimo Click akan dipasarkan seharga $229 mulai bulan Desember nanti.

Sumber: Digital Trends dan CNET.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter