Dalam waktu dekat Nulisbuku akan meluncurkan situs terbaru bernama Storial. Di situs tersebut nantinya penulis bisa menuliskan secara langsung cerita yang kemudian bisa disusun sesuai dengan jumlah bab yang ditentukan. Cerita yang sedang dalam proses penulisan juga bisa dibagikan langsung kepada teman serta komunitas lainnya untuk mendapatkan feedback sebelum menjadi buku yang sempurna.

Selama ini masalah yang kerap dihadapi oleh penulis diantaranya adalah kesulitan menyelesaikan sebuah buku sendirian, sehingga mereka perlu berkolaborasi dengan penulis-penulis lain. Kendala lain adalah meski penulis sudah selesai menulis dan menyusun buku, penulis perlu melakukan proses editing. Masalah waktu, keahlian dan pengalaman yang kurang membuat penulis menunda memasukkan karyanya ke NulisBuku, bahkan karena frustrasi, bisa membiarkan karyanya tidak tersentuh lagi.

Storial menjawab masalah-masalah tersebut dengan merekam proses penulisan mulai dari bab pertama. Dari awal, penulis bisa segera membagikan tulisannya dan mendapatkan feedback dari pembaca. Penulis juga bisa menginisiasi kolaborasi dalam penyusunan buku dengan mengundang penulis-penulis lain untuk memasukkan tulisannya. Dukungan dari pembaca juga akan memotivasi penulis untuk meneruskan tulisannya hingga akhirnya selesai dan dapat diluncurkan dan didistribusi dalam bentuk buku.

“Belum ada situs penulisan online di Indonesia yang sudah terintegrasi dengan komunitas. Storial didukung penuh oleh komunitas penulis dan pembaca di NulisBuku.com yang berjumlah lebih dari 150.000 orang. Ini memungkinkan penulis mendapatkan audience yang tepat untuk karyanya,” jelas Co-Founder Storial Brilliant Yotenega.

Storial didirikan oleh Brilliant, Aulia Halimatussadiah (Ollie), dan Sofia. Storial akan bisa diakses terbatas untuk pengguna yang diundang pada akhir Oktober 2015. Lebih dari 1000 orang mendaftar sebagai users dalam 24 jam setelah Storial diumumkan.

Tidak terlalu banyak perbedaan yang terlihat dari Storial dan Nulisbuku namun dari konsep terlihat jelas Storial merupakan platform yang sedikit mirip dengan blog pribadi, seperti Medium, Blogspot atau WordPress, yang juga berfungsi menghubungkan penulis satu dengan penulis lainnya serta para pembaca.

Nulisbuku sendiri merupakan situs yang menyediakan fitur untuk para penulis yang sebelumnya telah menyelesaikan naskah ceritanya dan siap untuk menerbitkan karyanya secara mandiri dan mengekspresikan diri seluas-luasnya. Layanan ini sudah memiliki lebih dari 150.000 orang dalam komunitas Nulis Buku, menjadikan NulisBuku.com situs online self-publishing print-on-demand pertama dan terbesar di Indonesia saat ini. Tercatat lebih dari 5.000 buku terdaftar di layanan ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.