Nvidia Ciptakan AI yang Sanggup Membersihkan Noise pada Gambar

Nvidia Ciptakan AI yang Sanggup Membersihkan Noise pada Gambar

Istimewanya, ia tak perlu melihat seperti apa gambar aslinya yang bebas noise
Nvidia AI denoise
Nvidia AI denoise

Februari lalu, Microsoft mendemonstrasikan AI (artificial intelligence) yang mampu menggambar sesuai deskripsi teks dari seseorang. Juni kemarin, Adobe memamerkan AI yang sanggup mendeteksi apakah suatu foto merupakan hasil editan Photoshop. Dari situ bisa kita simpulkan bahwa AI punya potensi yang sangat besar di bidang visual, dan ini semakin dipertegas oleh karya Nvidia berikut ini.

Bekerja sama dengan tim peneliti dari Aalto University dan MIT, produsen kartu grafis tersebut merancang AI yang mampu membersihkan noise dari suatu foto atau gambar. Seperti yang kita tahu, noise kerap muncul dalam bentuk bintik-bintik di sebuah foto yang ditangkap dalam kondisi cahaya yang kurang terang, sehingga otomatis foto jadi kurang enak dilihat.

Tugas AI ini adalah ‘mengusap’ suatu foto hingga bersih dari noise, sehingga detail-detailnya dapat kelihatan jelas. Yang istimewa, AI ini sanggup melakukannya tanpa sekali pun melihat seperti apa penampilan foto yang bebas noise. Sebagai gantinya, yang dipelajari oleh AI tersebut adalah pola noise yang berbeda pada gambar.

Nvidia AI denoise

Hebatnya lagi, hasilnya terkadang malah lebih bagus ketimbang jika AI tersebut dilatih menggunakan contoh gambar bebas noise. Mengingat AI ini tak perlu melihat gambar yang bersih terlebih dulu sebelum beraksi, ia pada dasarnya bisa digunakan untuk menghapus noise dari segala macam gambar.

Bukan cuma noise, gambar yang dihujani teks secara acak juga dapat ia selamatkan, seperti bisa Anda lihat pada video di bawah. Tim pengembangnya bilang bahwa AI ini punya potensi untuk dimanfaatkan di bidang medis, utamanya untuk membersihkan hasil scan MRI, yang sering kali tampak kurang jelas akibat noise.

Sumber: DPReview.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…