Categories

Gadget

Nvidia Bawa GPU Versi Desktop ke Gaming Notebook

Glenn Kaonang - 23 September 2015

Sampai detik ini, performa gaming notebook masih belum bisa menyamai PC desktop. Mengapa? Sederhana saja, karena tidak ada cukup ruang di dalam rangka notebook untuk menjejalkan semua komponen yang dibutuhkan guna mendongkrak performa.

Namun di ajang IFA 2015 kemarin, ada satu gaming notebook yang amat menyita perhatian. Dia adalah Asus ROG GX700, yang hadir bersama sistem liquid cooling eksternal. Spesifikasinya pada saat itu masih disamarkan. Namun kini sudah ada konfirmasi langsung dari Nvidia: Asus ROG GX700 adalah salah satu laptop pertama yang mengemas GPU GeForce GTX 980 versi desktop – bukan GTX 980M.

Ya, Anda tidak salah baca. Entah bagaimana caranya, Nvidia dan Asus berhasil menjejalkan GPU berukuran bongsor tersebut ke dalam bodi sebuah gaming notebook tanpa kompromi sedikitpun – tidak ada pengurangan jumlah CUDA core. Dibandingkan notebook biasa, ROG GX700 memang terlihat besar, tapi masih tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan casing PC desktop.

Info menarik: Alienware Kembali Serbu Pasar Lewat Notebook Gaming ‘Ber-GPU Eksternal’

Awalnya akan ada enam notebook dari Asus, Clevo, Gigabyte (Aorus) dan MSI yang semuanya mengusung GPU GTX 980 versi desktop ini. Keenamnya juga turut dibekali layar berteknologi G-Sync untuk mengatasi masalah tearing, serta opsi overclocking. Khusus satu notebook, MSI GT80, ia akan datang bersama sepasang GPU GTX 980 dalam konfigurasi SLI. Dengan notebook ini, saya rasa game terberat sekalipun bisa dijalankan dalam resolusi 4K.

Di saat yang sama, keenam notebook tersebut rupanya juga menjadi yang pertama yang memenuhi standar hardware yang ditetapkan Oculus Rift. Dengan kata lain, keenam notebook di atas siap menjalankan semua gamevirtual reality yang akan hadir pada paruh pertama tahun depan.

Sejauh ini belum ada keterangan soal jadwal rilis maupun banderol harga dari notebook-notebook beringas di atas, namun bisa dipastikan harganya pasti di atas gaming notebook termahal yang ada sekarang. Satu lagi catatan yang penting untuk diketahui, notebook dengan GPU GTX 980 versi desktop perlu terus dicolok ke listrik. Saat memakai daya baterai, performanya akan anjlok menjadi sekelas GTX 980M yang memang dirancang untuk notebook.

Sumber: Nvidia Blog dan PC Gamer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter