17 March 2015

by Yoga Wisesa

Nvidia Siapkan GPU GeForce GTX 960M dan 950M Untuk Laptop

Versi 'mobile' chip proses grafis berarsitektur Maxwell di seri GTX 900M disingkap tak lama seusai festival Nvidia Game24. Seperti varian desktop, tipe yang pertama tersedia merupakan model kelas high-end dan antusias, langsung mentenagai produk papan atas. Sejak saat itu, kalangan umum dan produsen laptop menunggu kehadiran GPU mainstream dengan sabar.

Akhirnya penantian itu usai. Nvidia resmi melengkapi jajaran kartu grafis di seri GTX 900M, memperkenalkan GTX 960M dan 950M. Sang perusahaan spesialis chip grafis pimpinan Jen-Hsung Huang ini menjanjikan 'performa gaming yang belum pernah ada sebelumnya, dibungkus dalam notebook berdesain ramping'. GTX 960M dan 950M sudah siap mempersenjatai notebook berukuran kurang dari satu-inci.

Beberapa fitur telah Nvidia benamkan di dalamnya. Pertama, dua GPU baru tersebut menjanjikan BatteryBoost, memastikan waktu gaming Anda jadi lebih lama ketika device tidak tersambung ke sumber listrik. Via Nvidia Optimus, proses pengolahan grafis bisa beralih secara otomatis demi menyuguhkan performa atau optimalisasi tenaga baterai. Jangan lupa, Anda juga dapat memanfaatkan ShadowPlay untuk merekam sesi gaming dan mengunggahnya ke YouTube atau langsung streaming di Twitch.

Info menarik: Nvidia Pamerkan Titan X, Kartu Grafis Tercanggih di Dunia

Performa dan data lengkap kedua GPU tersebut bisa Anda baca di situs Anandtech. Ketika GTX 970M dan 980M telah menggunakan chip GM206, GTX 960M dan 950M masih mengusung GM107 lama. Hasilnya, dua kartu grafis itu memiliki kecepatan serupa seperti GTX 860M/850M. Namun kali ini mereka murni berbasis Maxwell dan tidak ada alternatif Kepler.

Apa artinya buat pengguna? Kartu-kartu tersebut memang memperoleh dorongan kecepatan, tapi tidak melompat ke teknologi baru yang lebih canggih dan efisien. Bahkan jika berbicara kecepatan dasar, 950M lebih lambat dibanding GTX 850M. Ia dapat dipasangkan dengan DDR5-5000. Meskipun kualitas visual tak banyak meningkat di resolusi rendah, dongkrakan performa signifikan terlihat sewaktu menikmati permainan di 1080p dan setting grafis medium atau high.

Selain GTX 960M dan 950M sebagai kartu grafis level mainstream, Nvidia juga mengungkap tiga GPU tier low-end. Mereka ialah 940M, 930M dan 920M. Belum ada spesifikasi lengkap untuk ketiga model ini, tapi Anandtech menyebutkan mereka kompatibel dengan DirectX 12, di mana hasil kalkulasi kemampuan proses 940M setara dengan empat kali Intel HD 4400.

Simak tabel komparasinya di bawah.

Anda akan menemukan GeForce GTX 960M dan 950M dalam laptop garapan berbagai produsen dunia, dari mulai Asus, Alienware, MSI, Razer, HP, Lenovo, Acer, Clevo hingga Gigabyte.

Sumber: Blog Nvidia.