23 July 2014

by Yoga Wisesa

Nvidia Umumkan Shield Tablet Bertenaga Tegra K1 dan Integrasi Twitch

Nvidia dikabarkan sedang membuat sebuah perangkat gaming baru yang mengusung bentuk tablet semenjak bulan Mei lalu. Saat itu dikenal dengan codename Mocha, kita masih belum tahu apakah ia merupakan line-up baru atau bagian dari seri Shield. Dan minggu lalu, Nvidia juga dirumorkan sedang membuat device dengan kemampuan streaming game dari PC ke TV.

Akhirnya kita tidak lagi harus menebak-nebak. Beberapa saat lalu Nvidia mengumumkan Shield Tablet. Kemampuannya sungguh unik: ia dapat men-streaming game dari PC, dan merupakan tablet pertama yang terintegrasi penuh dengan Twitch - dimana Anda bisa mengakses kontennya, atau melakukan broadcast secara langsung. Tidak lupa, Nvidia juga menawarkan periferal wireless controller untuk melengkapi device tersebut.

Nvidia Shield Tablet adalah sebuah perangkat Android berlayar LCD IPS 8-inci dengan resolusi 1920x1200 bertenaga chip Tegra K1. Di dalamnya Anda akan menemukan prosesor dual-core Cortex A15 berkecepatan 2,2GHz, GPU Kepler racikan Nvidia dengan 192-core dan memori RAM sebesar 2 gigabyte. Dengan beterai yang dimilikinya, Nvidia mengklaim pengguna bisa menikmati game hingga empat jam non-stop, atau menonton film HD selama 10 jam.

 

Info menarik: [Rumor] Nvidia Sedang Garap Device Android Baru untuk Streaming Game PC ke Televisi

 

Spesifikasi seperti ini memungkinkan Shield Tablet dapat disambungkan ke TV atau monitor eksternal via koneksi Mini-HDMI, dan menyajikan pengguna resolusi full-HD. Tentu perangkat ini dilengkapi dengan Wi-Fi, dan untuk model yang lebih mahal terdapat pula opsi konektivitas LTE. Shield Tablet juga menawarkan dua pilihan kapasitas memori internal, 16GB dan 32GB. Memang terlihat sedikit, tapi ia mendukung ekpansi hingga 128GB via kartu MicroSD.

Untuk fungsi broadcast Twitch, Nvidia Shield Tablet mengusung kamera depan 5-MP dan layanan Shadowplay. Fitur ini memungkinkan Anda untuk men-streaming langsung game apapun yang sedang dimainkan di Shield Tablet ke channel Twitch. Dan dengan portabilitas perangkat mobile, gamer dapat melakukan broadcast video tanpa terikat di depan monitor dan keyboard.

Hal lain yang sangat menarik dalam pengumuman Shield Tablet adalah periferal Shield Wireless Controller. Controller ini sedikit terlihat gemuk namun nyaman digenggam, ia merepresentasikan model orisinil Nvidia Shield yang kini dikenal dengan nama Shield Portable. Periferal tersebut menyajikan bagian touchpad, tombol untuk mengontrol volume, port audio, dan rancangan tombol serta stik analog yang familiar.

Tim PC Gamer yang sudah lebih dulu menjajal Shield Tablet mengaku bahwa bagian layar tablet ini terlihat anggun, dengan hardware berperforma tinggi yang dapat menjalankan berbagai judul permainan 3D high-end, dan terasa nyaman saat pengguna memegangnya.

 

Info menarik: Nvidia Mendemonstrasikan Teknologi Canggih Mereka Dalam Computex 2014

 

Ada dua model Shield Tablet yang Nvidia tawarkan: tipe dengan penyimpanan internal 16GB serta koneksi Wi-Fi seharga US$ 299, dan varian 32GB ditambah konektivitas 4G LTE dengan harga US$ 399. Shield Wireless Controller dijual terpisah, harganya tidak mahal, hanya US$ 59.

Baik Shield Tablet, aksesori cover, serta Wireless Controller akan mulai tersedia pada tanggal 29 Juli di Amerika dan Kanada, lalu segera menyusul di Eropa pada tanggal 14 Agustus. Saya pribadi berharap bahwa akhirnya Shield juga segera dirilis untuk pasar Indonesia - baik versi Tablet maupun Portable.

Berbicara tentang Shield Portable, bagaimana nasib device itu selanjutnya? Nvidia menekankan bahwa mereka masih memproduksinya, masih menjualnya, masih mendukungnya, serta masih memberikan segala macam update dalam waktu ke depan.

Via GSM Arena & The Escapist Magazine. Sumber: Nvidia.com.