Categories

Game

NZXT H440, Case PC Full-tower Dengan desain Simpel Namun Elegan

Yoga Wisesa - 15 January 2014

Dalam merakit PC, ada dua buah pendapat yang berbeda tentang komponen pertama yang harus Anda tentukan. Para konsumen konservatif beropini bahwa memilih trio GPU, CPU dan motherboard sebagai dasarnya merupakan cara terbaik untuk mendapatkan PC dengan harga terbaik. Pendapat kedua lebih radikal: karena casing merupakan sedikit komponen yang memiliki harga tidak fluktuatif, mengapa kita tidak berinvestasi dengan membeli bagian ini lebih dahulu?

Berbeda dengan hardware lain di dalam PC, casing adalah satu-satunya komponen yang memiliki harga paling stabil. Model yang dirilis dua tahun lalu harganya tidak banyak berubah saat Anda membelinya sekarang - bahkan beberapa ada yang mengalami peningkatan harga karena tipe itu tidak lagi diproduksi.

Saya setuju dengan pendapat kedua karena casing (dan pernak-pernik estetika lain) adalah hal utama yang menentukan tampilan visual PC Anda. Setinggi-tinggi performa PC, Anda tidak akan bisa memamerkannya jika hardware di dalamnya berantakan dan kabel-kabel berseliweran dimana-mana.

Casing full-tower sendiri bukanlah produk yang mudah didapat. Mereka biasanya disajikan dengan harga cukup tinggi, bahkan ada yang ditawarkan hingga Rp 5 juta - tanpa hardware di dalamnya. Untungnya NZXT berpendapat lain, casing PC full-tower dengan desain anggun tak selalu dibanderol dengan harga mahal. Dan dengan visi tersebut, mereka meluncurkan NZXT H440.

 

Info menarik: NZXT Source 530, Casing PC Full Tower High-end dengan Harga ‘Low-end’

 

Dengan H440, NZXT mencoba memastikan bahwa - layaknya seorang perempuan- sebuah PC bisa tampil cantik luar dan dalam, tanpa perlu 'make-up' yang berlebihan. Hal pertama yang mereka lakukan adalah merombak ruang optical drive. Di dalam H440, tidak ada lagi optical bay untuk drive berukuran 5,25-inci. Menurut NZXT, orang sudah jarang menggunakannya dan ruang tersebut bisa dioptimalkan untuk hal lain.

Di bagian bawah, terdapat penutup power supply untuk menyembunyikan kabel-kabel secara menyeluruh dan menyediakan ruang leluasa untuk cable management. Anda juga akan menemukan dua buah tray SSD di bagian atas penutup PSU tersebut, beserta dengan 'lubang-lubang' kabel. Bukan hanya itu, H440 juga dilengkapi dengan empat HDD tray dengan desain terbaru NZXT. Ruang yang sangat luas ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan data lebih dari 5 terabyte.

Selain itu sang produsen tidak lupa menyiapkan empat unit kipas generasi terbaru dari NZXT, FN V2: Tiga buah unit kipas beukuran 12cm di bagian depan berfungsi sebagai intake dan sebuah kipas berukuran 14cm di bagian belakang untuk fungsi pembuangan. Panel di bagian atas depan juga mendukung untuk pemasangan radiator Kraken, dengan ukuran pendingin maksimal 360mm. Sebagai sarana pamer Anda, ia memiliki 'jendela' berbahan akrilik di panel samping.

 

Info menarik: Intel Perkenalkan Sejumlah Teknologi Ciamik Mulai RealSense, Smartwatch dan Komputer Seukuran SD Card

 

Dari press release yang saya dapatkan, NZXT tidak menyebutkan apa material dasar H440. Tapi dengan mengacu pada kebiasaan lama mereka, kemungkinan besar H440 dibuat dari stainless steel. Bahan ini memang lebih kokoh dan tahan banting dibandingkan varian aluminium, tetapi itu berarti casing ini lebih berat dibandingkan tipe buatan para rivalnya.

NZXT H440 akan tersedia di Indonesia mulai bulan Februari nanti dan disajikan dalam dua pilihan warna: hitam dan putih. Anda bisa memiliki H440 dengan harga US$ 135.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter