Categories

Gadget

OASE Memperkenalkan Diri, Luncurkan Smartwatch Horizon W1

Jam tangan pintar yang satu ini memiliki sensor pendeteksi suhu badan, selain SpO2 dan detak jantung

Dimas Galih W. - 27 April 2021

Mungkin banyak yang belum pernah mendengar tentang merek OASE. Atau mungkin saat mencari tahu mengenai merek yang satu ini melalui mesin pencari Google, malah bertemu dengan OPPO. OASE ternyata juga salah satu perusahaan yang bernaung di bawah BBK Electronics dan baru didirikan pada tahun 2017 silam. OASE sendiri berfokus pada penjualan aksesoris smartphonegadget, dan Internet of Things atau IoT.

Satu produk AIoT yang baru hadir dari OASE adalah sebuah jam tangan pintar yang bernama Horizon W1. Perangkat wearables ini sendiri baru diluncurkan pada tanggal 26 April 2021 lalu yang dihelat pada Angsana Ballroom Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta. Karena pandemi, saya hanya bisa menghadiri acara peluncuran ini secara streaming melalui aplikasi Zoom.

“Hari ini kami meluncurkan produk terbaru yang kami harap bisa di terima dengan sangat baik oleh konsumen. Jam tangan pintar ini kami hadirkan lebih baik dari pada pendahulunya, tampilan lebih dinamis, fitur lebih banyak dan yang terpenting harga lebih terjangkau dari sebelumnya. Semoga produk jam tangan pintar kami dengan fitur monitor suhu tubuh, kesehatan, dan olahraga yang lengkap bisa menjadi jawaban bagi konsumen Indonesia yang sibuk namun tetap peduli dengan kondisi tubuhnya kapan pun dan dimanapun”, ungkap Anthoni Roderick selaku Public Relations OASE.

OASE Horizon W1 menggunakan SoC Realtek RTL8762CK yang diklaim mampu bertahan hingga 10 hari. Prosesornya menggunakan ARM Cortex M4 dengan basis ARM v7 yang saat ini juga banyak digunakan pada perangkat-perangkat wearables. Baterai yang terpasang pada smartwatch ini memiliki kapasitas 160 mAh. Selain itu, OASE Horizon W1 juga sudah mendukung sertifikasi IP67.

OASE Horizon W1 juga mendukung beberapa pemindaian kesehatan untuk penggunanya. Hal tersebut seperti pemindaian detak jantung serta kadar oksigen dalam darah. Namun, yang membuatnya unik adalah jam tangan pintar ini juga memiliki fitur blood pressure serta thermometer. Kedua fitur ini masih sangat jarang dan bahkan belum ada pada jam tangan pintar yang ada di pasar Indonesia saat ini.

Seperti kebanyakan jam tangan pintar, Horizon W1 juga bisa digunakan untuk berolah raga. Smartwatch ini mendukung 24 mode olah raga yang sering dilakukan oleh orang Indonesia. Terdapat pula fitur realFitness Tracking yang bisa menampilkan berapa lama dan berapa jumlah kalori yang sudah keluar secara real saat berolahraga.

Satu hal yang pasti adalah bahwa setiap pindaian dari jam tangan pintar tidak bisa dijadikan patokan untuk mengambil data medis. Walaupun begitu, OASE mengklaim bahwa untuk fungsi thermometer-nya sendiri memiliki perbedaan pemindaian sekitar 0,2 derajat saja. Hal tersebut juga berlaku pada pindaian lain yang ada pada jam tangan pintar ini.

Harga yang dipatok oleh OASE untuk Horizon W1 memang cukup terjangkau. Hanya dengan Rp. 699.000, konsumen sudah bisa mendapatkannya. OASE sendiri memiliki toko resmi pada ecommerce Shopee dan memiliki promo launching yang memotong harganya menjadi Rp. 499.000.

Notifikasi Whatsapp Call

Pada saat peluncurannya, OASE juga mengatakan bahwa perangkat ini sudah mendukung pengiriman notifikasi dari smartphone ke smartwatch. Hal tersebut juga berarti bahwa notifikasi pesan dari Whatsapp dan Telegram juga akan terkirim. Namun, biasanya notifikasi panggilan suara dan video dari aplikasi pihak ketiga jarang didukung oleh sebuah smartwatch. Bagaimana dengan OASE Horizon W1?

Kevien Willieady selaku Head of Product Trainer OASE Indonesia mengatakan bahwa saat ini notifikasi untuk panggilan suara dari Whatsapp dan Telegram sudah didukung. Hanya saja, untuk menerima panggilan suara dari kedua aplikasi tersebut memang masih harus dilakukan pada smartphone yang terkoneksi dengan Horizon W1. Hal ini tentu saja cukup baik karena walaupun memiliki harga yang terjangkau, ternyata notifikasi panggilan juga dapat diterima pada perangkat wearables tersebut.

Sayangnya, saya tidak dapat menghadiri secara langsung acara peluncuran dari OASE Horizon W1. Hal tersebut membuat saya belum bisa mencoba OASE Horizon W1 secara langsung. Semoga saja, pihak OASE dapat mengirimkan unit review agar bisa saya uji lebih lanjut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter