2 April 2014

by Yoga Wisesa

Obrum PL0-01, Tank Prototype Pertama dengan Kemampuan Siluman

Perang adalah hal yang mengerikan. Tapi tetap saja hal itu tidak menghentikan para kontraktor pertahanan untuk mengembangkan teknologi-teknologi 'penjaga kedamaian'. Kali ini sebuah konsep tank dipamerkan hasil karya kerjasama firma Obrum dari Polandia dengan BAE Systems dari Inggris. Menamainya PL0-01, ini adalah tank dengan mode stealth pertama di dunia.

Dibandingkan dari bentuk tank perang saat ini yang - bahkan versi terbaru A1 Abrams - penampilan PL0-01 seperti benar-benar diambil dari film fiksi ilmiah. Namun bagian eksterior yang 'anggun' ini juga menyimpan sebuah rahasia.

Sistem siluman pada pesawat tempur adalah hal yang sudah kita sering temui sekarang, namun ada alasannya mengapa hal tersebut cukup sulit diaplikasikan ke kendaraan lapis baja.

Biasanya kru tank mendeteksi tank atau kendaraan lawan dengan sensor panas. Masalah itulah yang berhasil disingkirkan oleh para pencipta PL0-01, tank ini memiliki plat-plat heksagonal yang meliputi seluruh bagian tank. Plat ini memungkinkan PL0-01 untuk mengontrol temperatur dan panas yang dikeluarkannya.

 

Info menarik: Pemutar Musik PonoPlayer Sukses Galang Dana Sebesar 5 Juta Dolar di Kickstarter

 

Dengan begitu, tank ini akan menghilang dari pemindai panas lawan. Bukan itu saja, lapisan heksagonal canggih itu juga bisa memanipulasi pengeluaran temperatur sehingga sang komandan bisa mengubah PL0-01 menjadi kendaraan apapun yang ia mau - setidaknya begitulah yang terlihat di sensor panas lawan: mobil sedan hingga truk pick-up dengan bak terbuka.

Selain itu Obrum PL0-01 juga dapat menggunakan kamuflase inframerah aktif. Untuk apa itu? Bayangkan, saat bertempur di hutan, ia bisa menggunakan warna loreng-loreng seperti harimau, atau penampilan layaknya mobil dalam medan tempur di wilayah perkotaan. Hal tersebut memungkinkan tank canggih ini untuk membaur pada lingkungan sekitarnya. Bukan hanya sensor panas, namun PL0-01 dapat mengecoh pengelihatan musuh.

PL0-01 memiliki bobot 35 ton dan panjang tujuh meter, dikendarai oleh kru sebanyak tiga orang. Kendaraan ini ditenagai oleh mesin berkekuatan 940 tenaga kurda bersuspensi otomatis dengan mekanisme yang memudahkan sang supir. Tank ini memiliki kecepatan maksimal 70 kilometer per jam di atas jalan raya dengan kecepatan rata-rata 50 kilometer per jam dengan jarak tempuh 500 km. Tank akan dengan mudah melewati parit dengan lebar maksimal 2,6 meter dan mampu melewati air sedalam 1,5 meter.

 

Info menarik: Samsung Umumkan Smart Bulb Mereka untuk Saingi LG

 

Untuk sistem 'pertahanan' tank ini dipersenjatai oleh senapan mesin nirawak dengan kaliber 105 hingga 120 milimeter - sesuai standar NATO. Bagian meriam mampu menembakkan misil standar maupun roket anti-tank, dipadu dengan sistem reload otomatis yang memungkinkan kru dapat menembak enam kali dalam satu menit dengan sudut vertikal sebesar 30 derajat.

PL0-01 dapat membawa 45 rudal sekaligus. Kendaraan ini juga memiliki senapan mesin tambahan kaliber 7.62 dengan 1.000 peluru atau kaliber 12.7 milimeter sebanyak 750 peluru. Secara teori membahas hal-hal ini memang mengasyikkan, tapi kita harap tidak ada lagi konflik dalam masa yang akan datang sehingga tank ini tidak pernah diterjunkan.

BAE Systems dan Obrum memperkirakan proyek PL0-01 akan rampung pada tahun 2016, dan akan diproduksi secara masal di tahun 2018...

Sumber Dailymail.co.uk. Sumber gambar header: Wikipedia.org.