Observer dan Referee, Pekerjaan Penting yang Tersembunyi di Balik Hingar Bingar Esports

Kendati memegang peran yang sangat vital di dalam sebuah event esports, namun dua pekerjaan ini kerap dimarginalkan.

Masih banyak yang salah kaprah bahwa karier di esports hanyalah soal menjadi atlet saja. Sebagai wajah dari esports, tak aneh jika sosok atlet adalah sosok paling disorot. Namun nyatanya, ada ragam karier yang bisa dikerjakan di dalam ekosistem esports. Selain dari pekerjaan caster yang bekerja di depan layar, ada juga banyak pekerjaan lain yang tersembunyi di balik layar. Sosok yang akan kita bahas kali ini punya tanggung jawab yang besar di dalam mempertahankan integritas sebuah event esports.

Sosok tersebut adalah observer dan juga referee. Dua sosok ini bekerja di belakang layar, yang membuat mereka kerap tidak mendapat sorotan, walau peran pekerjaanya sangat penting. Jadi apa sebenarnya tugas dari seorang observer dan referee? Bagaimana peran mereka di dalam sebuah event esports? Bagaimana nasib jenis pekerjaan yang satu ini di dalam ekosistem esports Indonesia? Kali ini Hybrid akan mengupas tuntas seputar dua pekerjaan tersebut.

Apa itu Observer dan Referee di dalam Esports?

Sebelum lebih jauh membahas pekerjaan ini di dalam ekosistem esports Indonesia, mari kita terlebih dahulu mengenal apa tugas-tugas observer dan referee. Mulai dari observer lebih dahulu, sederhananya pekerjaan ini bertugas untuk mengendalikan in-game camera di dalam sebuah tayangan esports.

Lebih lanjut tentang tugas Observer, British Esports Association menjelaskan bahwa tugas mereka termasuk: mengidentifikasi momen-momen penting di dalam permainan, memastikan kamera menyoroti aspek paling menarik di dalam suatu pertandingan, dan menyoroti momen penting untuk dijadikan replay.

Sumber: British Esports Association

Pada sebuah laman perekrutan, Riot Games mendeskripsikan beberapa kualitas diri yang perlu dimiliki dari seorang observer. Ada dua hal yang penting, salah satunya adalah mata Anda harus lihai. Maksudnya lihai adalah Anda harus memiliki tingkat fokus yang tinggi, serta mata yang terlatih supaya dapat menjaga kamera tayangan langsung in-game selalu menyorot momen yang penting, dengan keakuratan yang disebut sebagai pixel perfect accuracy.

Seorang observer juga harus fasih terhadap game yang diawasi: paham luar dalam game yang akan disoroti. Kalau dalam hal MOBA misalnya, seorang observer harus paham macro play dan alasan di balik pergerakan seorang hero. Dalam beberapa hal, sebagai indikator tingkat pemahaman sang observer terhadap game yang mereka soroti, kadang-kadang observer juga perlu memiliki rank yang tinggi terhadap game yang disoroti, 

Lalu bagaimana dengan pekerjaan referee atau wasit? Sebenarnya pekerjaan ini kurang lebih sama dengan wasit di dalam olahraga. Kembali mengutip British Esports Association, tugas dari seorang wasit adalah menjaga jalannya sebuah pertandingan, memastikan para pemain mentaati peraturan, dan berani tegas menindak tim atau oknum yang melanggar peraturan tersebut.

Sumber: British Esports Association

Selain itu, tugas wasit kadang juga termasuk, set-up perlengkapan di atas panggung, test server, merapihkan bracket, dan memastikan semuanya berjalan sesuai dengan jadwal. Referee juga punya tanggung jawab untuk menyelesaikan isu yang terjadi di atas panggung, contohnya seperti, PC yang freeze, keyboard rusak, masalah internet, atau mungkin masalah earphone yang rusak.

Maka dari itu, seorang wasit juga harus paham game yang akan mereka awasi. Mungkin tak harus paham luar dalam seperti Observer, namun setidaknya paham dasar-dasarnya. Seorang wasit juga dituntut harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bisa menyelesaikan isu dan mengambil keputusan dengan cepat, dan tentunya berani tegas menindak segala pelanggaran.

Observer dan Referee di Ekosistem Esports Indonesia

Oke, setelah kita bicara soal definisi, tugas-tugas, serta kemampuan yang perlu dimiliki dari seorang observer dan referee; pembahasan selanjutnya adalah soal pekerjaan ini di dalam ekosistem esports Indonesia. Saya mencoba membahasnya dari dua sisi, pertama dari sisi event organizer sedangkan kedua dari sisi praktisi pekerjaan observer dan referee itu sendiri.

Untuk perwakilan dari EO, saya mewawancara Irliansyah Wijanarko, Chief Growth Officer dan Co-Founder dari RevivalTV. Bicara soal pekerjaan ini, pertanyaan pertama yang muncul adalah, seberapa dibutuhkan pekerjaan ini di ekosistem esports Indonesia? Kalau di luar negeri, observer dan referee sudah menjadi standar, dan harus selalu ada di dalam setiap event esports. Kalau di Indonesia bagaimana?

Irliansyah Wijanarko saat presentasi di Press Conference MPL ID S2. Sumber: MLBB

Irli mengatakan bahwa konteks Indonesia sama dengan luar negeri. Peran dua pekerjaan ini sangatlah penting, terutama referee yang tugasnya menjaga integritas sebuah kompetisi. “Peran referee ini sangatlah vital, apalagi untuk kompetisi high level seperti MPL, MSC atau PINC. Kalau di luar negeri, perlu lisensi tertentu untuk menjadi referee esports. Kalau di Indonesia sih masih belum seketat itu, dan kebanyakan referee di Indonesia juga masih bersifat freelance.”

Walau demikian, sebagai salah satu EO besar di ekosistem esports Indonesia, Irli mengaku memiliki divisi tersendiri untuk soal referee ini. Divisi tersebut bernama League Ops Division. Divisi tersebut berisi orang-orang yang berdedikasi untuk mengurus sistem turnamen, berbagai macam hal seputar operasional sebuah kompetisi, dan termasuk mengurusi soal referee. Tetapi walau ada divisi khusus untuk wasit dan admin, Irli mengaku bahwa ia sendiri tetap butuh pekerja referee freelance.

“Salah satu contohnya sih untuk event kaya MPL, biasanya kita hire referee freelance juga. Tapi untuk liga yang sifatnya reguler seperti MPL, biasanya kita pakai sistem kontrak satu musim. Supaya integritas acaranya terjaga, dan referee-nya bisa mengikuti dari awal hingga akhir turnamen.” jawab Irli membahas soal sistem perekrutan referee RevivalTV.

Lalu, apakah mencari freelance referee atau observer itu adalah hal yang sulit? Apalagi mengingat jadwal event esports Indonesia yang sempat tumpang tindih, seperti saat ESL Clash of Nations 2019dan Piala Presiden Esports 2019 kemarin. “Susah!” jawab Irli.

Menurutnya, mencari referee jadi sulit karena tidak banyak orang yang punya seperangkat kemampuan yang dibutuhkan. “Susahnya adalah mencari orang yang punya nyali untuk tegas, dan berani memegang teguh peraturan, walau ditekan oleh berbagai pihak.” Cerita Irli.

Untuk event seperti MPL, kehadiran referee ataupun observer kontrak selama satu seri biasanya menjadi penting, demi menjaga integritas acara. Sumber: Dokumentasi Hybrid - Akbar Priono

Lalu bagaimana dengan pekerjaan observer? Jawabannya masih cukup senada, yaitu sulit. Irli mengatakan bahwa mencari observer biasa itu mudah, tapi yang sulit adalah mencari observer yang mahir. Menurut Irli, tantangan mencari observer adalah karena sulitnya mencari orang yang paham luar dalam terhadap gamenya, dan dapat bekerja di dalam tim bersama dengan tim produksi. “Basically dia mesti bisa baca game. Makanya menurut gue, seorang observer harus punya rank tinggi pada game yang ia kuasai. Kalau di RevivalTV, observer Mobile Legends minimal harus rankmythical glory bintang 100++.”

Setelah mendengar dari sisi EO, kami juga mewawancara salah satu praktisi observer dan referee di Indonesia. Bicara soal tantangan pekerjaan, Fadhel “ROSESA” Irawan, salah satu observer ternama di Dota 2, cerita tentang tantangan pekerjaan menjadi observer. “Kalau di event, mau itu besar ataupun kecil, tanggung jawab seorang observer itu sangat besar. Kenapa? Karena tugas observer juga menjaga mood penonton. Kalau kita miss moment, pastinya kita yang bakal disalahin. Makanya untuk observer baru biasanya belum bisa pegang event besar. Karena organizer kompetisi besar pasti butuh talenta yang berkualitas, termasuk dalam hal observing.”

Tanggung jawab pekerjaan observer memang sebegitu tinggi, begitu juga dengan referee. Seperti sudah disebutkan pada bagian awal artikel ini, bahwa referee harus menjaga pertandingan berjalan mulus dan menegakkan rules yang berlaku di dalam kompetisi tersebut.

Lebih lanjut, kami menanyakan Daniel Manurung, referee yang sudah cukup lama malang melintang di ekosistem esports Indonesia. Ia menjelaskan bahwa seorang referee harus memahami rules semua game dan tentunya juga harus netral di dalam setiap keadan. Lalu selain itu, ia juga cerita sedikit pengalamannya menjadi referee di ekosistem esports Indonesia. “Jadi referee risikonya cukup besar, dan pasti ditekan dari berbagai pihak. Contohnya kalau game telat, kadang-kadang referee yang disalahin, padahal yang telat adalah player-nya. Kalau bicara tantangan paling besar, hal tersebut adalah saat harus memberi keputusan jika ada sengketa tertentu. Hal tersebut jadi tantangan paling besar karena, kalau kita (referee) salah memberi keputusan, dampaknya sudah pasti bakal sangat fatal.”

Melihat tanggung jawab pekerjaan seorang referee dan observer yang sebenarnya sangat berat, pertanyaan berikutnya yang muncul adalah, apakah bayarannya sepadan? Kalau kita kembali mengutip penjelasan British Esports Association, bayaran seorang observer dan referee sebenarnya cukup lumayan di luar negeri sana.

Pekerjaan observer tentu bukan sesuatu yang mudah. Bayangkan Anda harus terus fokus memperhatikan momen yang terjadi di dalam game, selama sekitar 30 menit untuk game jenis MOBA. Sumber: Tilt Report

Observer dikatakan bisa menerima 250 Pound (Rp4,5 juta) sampai dengan 400 Pound (Rp7,3 juta) dalam satu seri pertandingan. Referee terbilang cenderung lebih kecil, yaitu mulai dari 50 Pound (Rp900 ribu) sampai dengan 100 Pound (Rp1,8 juta) per hari kerja. Namun bayaran seorang referee bisa sangat besar jika sifat pekerjaannya full-time. Dikatakan di sana, full-time referee bisa menerima sampai dengan 20.000 Pound (Rp365 juta) per tahun, atau sekitar 1600 Pound per bulan (Rp29 juta).

Bagaimana kalau di Indonesia? Kami pun mencoba menanyai observer dan referee lain yang tidak bisa kami sebutkan namanya di ekosistem esports Indonesia. Mereka mengakui bahwa bayaran dua pekerjaan tersebut masih terbilang kecil untuk ukuran Indonesia sekalipun. Pekerjaan observer freelance dibayar dengan cukup beragam, mulai dari Rp250-300 ribu sampai Rp500-750 ribu per harinya. Menariknya, bayaran sebesar Rp250-300ribu itu ternyata malah datang dari salah satu event esports tingkat internasional di Indonesia.

Pekerjaan referee malah lebih parah. Menurut pengakuan dari referee yang kami tanyai, ia hanya mengambil pekerjaan referee freelance yang bayarannya minimal Rp300 ribu per hari. Tapi ia juga cerita bahwa dirinya pernah dibayar sebesar Rp750 ribu ketika menjadi wasit kepala, dan mengatakan ada juga event yang membayar wasit sebesar Rp500 ribu per hari. Lalu apakah ada event yang membayar referee lebih kecil dari Rp300 ribu. Sang referee lalu menceritakan salah satu pengalamannya, “paling kecil waktu itu saya pernah dibayar Rp125 ribu lalu dipotong pajak 5%. Jadi saya terima bersih Rp115 ribu per hari, pada salah satu event esports di Indonesia.”


Seiring berkembangnya ekosistem esports di Indonesia, pekerjaan seperti esports referee atau observer kini jadi lebih dibutuhkan. Pekerjaan ini juga seperti pekerjaan shoutcaster yang jadi perangkat wajib dalam sebuah event esports offline.

Namun demikian, cukup miris melihat pengakuan dari observer dan referee soal bayaran yang mereka terima. Memang, perputaran uang di ekosistem esports Indonesia tidak sama besarnya dengan perputaran uang di ekosistem esports luar negeri. Namun, menurut saya, bayaran tersebut harusnya bisa lebih besar lagi; mengingat tanggung jawab besar yang diemban dua pekerjaan tersebut.

Akhirnya, harapannya, dengan artikel ini orang-orang mulai menyadari betapa pentingnya dua pekerjaan ini dan bayaran minimal tak akan membuat banyak orang terpacu untuk menjadi lebih baik ataupun tertarik untuk menggelutinya.

Karena idealnya, sebuah industri dapat memberikan bayaran yang sepadan dengan segala jerih payah yang dikeluarkan dan dapat menyejahterakan semua pihak yang terkait di dalamnya...