Masih ingat dengan Octagon Studio, startup asal Bandung yang kreasi di bidang AR dan VR-nya berhasil mencuri perhatian publik internasional? Mereka kini kembali dengan produk yang cukup menarik sekaligus inovatif, yang mencoba mempertemukan kemajuan teknologi dengan fashion.

Produk yang dimaksud adalah lini pakaian berbasis augmented reality (AR). Produk ini sempat Octagon pamerkan saat menjadi salah satu exhibitor di ajang Wearable Technology Show tahun lalu. Di sana, dengan berbekal aplikasi ponsel Wear 4D+, pengunjung dapat menyaksikan gambar seekor orang utan pada sebuah kaus yang tiba-tiba ‘hidup’ dan bergerak.

Ya, Anda boleh saja mengganggapnya Pokemon Go yang disematkan ke dalam pakaian. Octagon sendiri memang punya misi untuk menginkorporasikan inovasi AR ke dalam kehidupan sehari-hari, dan pakaian pun merupakan pilihan yang tepat kalau melihat perannya sebagai salah satu kebutuhan primer.

Octagon Studio Wear 4D+

Octagon membidik kalangan anak-anak sebagai target pasar T-Shirt AR Wear 4D+ – dengan variasi ukuran untuk usia 1 sampai 6 tahun – tapi saya tidak kaget andai ke depannya ada versi untuk orang dewasa. Di awal peluncurannya ini, sudah ada dua desain orisinil yang disiapkan: Polar Bear dan Baby Dino.

Untuk Polar Bear, yang akan anak-anak lihat di layar smartphone atau tablet-nya adalah seekor beruang kutub yang tengah bereksplorasi, sedangkan pada Baby Dino anak-anak akan dikejutkan oleh seekor dinosaurus yang baru saja keluar dari cangkang telurnya.

Octagon Studio Wear 4D+

Ke depannya saya yakin bakal hadir desain-desain baru yang lebih segar. Pun begitu, berdasarkan informasi yang tercantum pada laman aplikasi Wear 4D+, pengguna rupanya juga bisa memanfaatkan sejumlah desain yang ada di sini dan menyablonnya sendiri, atau bahkan meracik AR marker-nya sendiri menggunakan app yang sama.

Untuk sekarang, Anda yang tertarik membelikan anak-anak, keponakan atau cucu Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi Octagon Studio. Baik Polar Bear maupun Baby Dino sama-sama dibanderol Rp 175 ribu, sedangkan aplikasinya gratis di Google Play ataupun App Store.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.