Categories

Game

Oculus Rift Kini Bisa Jalankan Game Steam Lewat Portal Aplikasi Bawaannya

Pengguna tak perlu lagi melepas headset hanya untuk menjalankan game yang dibeli di luar Oculus Store

Glenn Kaonang - 9 August 2017

Faktor pembeda utama Oculus Rift dan HTC Vive – selain desainnya tentu saja – adalah platform yang dijalankan masing-masing headset. Kendati demikian, hal ini bukan berarti Rift cuma bisa menjalankan game dari Oculus Store saja. Game VR yang dibeli dari Steam maupun GOG juga bisa selama memang kompatibel, tapi pengguna bakal sedikit direpotkan.

Repot karena setiap kali pengguna hendak memainkan game yang dibeli di luar Oculus Store tadi, mereka harus melepas headset terlebih dulu, lalu mengakses game yang bersangkutan lewat interface PC tradisional. Bukan masalah besar memang, tapi cukup membuat frustasi banyak pengguna Rift.

Beruntung Oculus telah meluncurkan software update yang menjadi solusi atas problem ini. Update versi 1.17 ini memungkinkan pengguna Rift untuk mengakses game yang dibeli di luar Oculus Store langsung melalui portal aplikasi bawaannya, tanpa harus melepas headset sama sekali.

Pembaruan lain yang tak kalah menarik adalah kompatibilitas fitur Parties yang sebelumnya sudah hadir terlebih dulu untuk Gear VR. Dengan Parties, pengguna dapat tergabung dalam percakapan suara bersama tiga pengguna lain, dan percakapan ini akan terus berlanjut meski masing-masing tengah mengakses aplikasi yang berbeda.

Kehadiran Parties ini juga bisa menjadi pertanda kalau peluncuran fitur Rooms untuk Rift sudah semakin dekat, dan konsumen tak perlu khawatir fitur tersebut bakal digantikan oleh Facebook Spaces, yang secara fundamental memiliki tujuan yang berbeda.

Sumber: Gamasutra dan Oculus Forums.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter