Categories

Mobile

Office Akan Semakin Pintar di iOS

Aditya Daniel - 12 September 2015

Ada satu hal yang mengejutkan dalam Apple Event tanggal 9 yang lalu. Kehadiran pegawai Microsoft yang datang untuk mendemokan aplikasi Office pada iPad Pro.

iPad Pro, yang hadir dengan bentang layar 12.9, tidak hanya akan menjadi perangkat spesial bagi para pekerja kreatif namun juga tak menutup kemungkinan untuk dapat digunakan membuat presentasi dengan Powerpoint ataupun mengolah data menggunakan Excel.

Dengan ukuran layar yang lebih lebar, iPad Pro mampu menjalankan dua aplikasi Microsoft Office secara bersamaan, ini dimungkinkan dengan fitur Split View di iOS 9. Kedua aplikasi yang berjalan berdampingan tersebut akan memiliki ukuran yang sama dengan ukuran layar iPad Air dalam mode potrait.

Info Menarik: Google Docs Hadirkan Fitur-Fitur Baru untuk Membantu Para Pelajar

Seperti yang didemokan pada acara Apple September event beberapa hari lalu, dengan iPad Pro pengguna dapat mengerjakan dokumen Word dan Excel secara bersamaan. Pengguna dapat dengan mudah menyalin sebuah grafik ataupun diagram dari Excel dan menambahkannya pada dokumen Word. Fitur yang akan sangat memudahkan bagi para pengguna dengan mobilitas yang super tinggi. Fasilitas ini memungkinkan pengguna untuk mengerjakan presentasi, menghitung data, membuat dokumen dilakukan di mana saja.

Sebagai tambahan, pihak Microsoft menjelaskan bahwa jika pengguna menggunakan Microsoft Outlook lalu membuka attacement email dari Word, Excel atau PowerPoint maka Outlook akan secara otomatis membuka aplikasi terkait dengan file yang telah siap untuk di-edit.  Canggihnya, dokumen yang telah selesai di-edit dan disimpan akan secara otomatis ter-attach dan siap dikirimkan.

Fasilitas lebih hadir dengan dukungan Apple Pencil, membuat diagram pun lebih mudah hanya dengan menggambar tiga lingkaran yang saling bertumpukan. Memberikan catatan/coret-coretan dalam sebuah dokumen pun bisa dilakukan dengan Apple Pencil. Dengan penambahan eksternal keyboard pada iPad Pro, pengguna bisa menggunakan keyboard shortcut yang sama dengan aplikasinya di desktop.

Info Menarik:Kini Tersedia untuk iPhone, Aplikasi Paper by FiftyThree Bawa Konsep yang Berbeda

Dengan hadirnya aplikasi Office di iOS, pengguna tak perlu pusing mencari aplikasi untuk mengolah dokumen atau file yang dimilikinya. Microsoft Office sendiri sudah lazim digunakan mulai dari anak sekolah hingga para pekerja kantoran, dan tentu saja akan lebih mudah atau bisa dibilang lebih umum digunakan.

Selain aplikasi iOS, Microsoft sendiri berencana akan memberikan update aplikasinya tersebut pada September mendatang bersamaan dengan iOS 9. Office 2016 yang akan dirilis nantinya menjadi versi Office pertama yang diciptakan untuk Windows 10. Sejumlah fitur teranyar pun tak lupa dibawa seperi integrasi dengan Outlook dan OneDrive.

Sumber: iMore | Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter