1. Startup

OY! Indonesia Resmi Meluncur, Hadirkan Layanan Fintech di Aplikasi Chatting

Fokus awal di fitur transfer uang, gadeng DOKU sebagai mitra strategis

Bertujuan untuk memudahkan pengguna melakukan transfer uang dalam satu platform, PT Teknologi Harapan Bangsa memperkenalkan aplikasi chatroom OY! Indonesia hari ini (18/10) di Jakarta. Aplikasi yang didukung dengan teknologi DOKU ini mampu untuk mengirimkan uang secara real-time ke rekening bank pengguna.

Mengedepankan fitur chat yang diklaim sangat diminati oleh pengguna, platform OY! diklaim mampu memangkas kesulitan terkait dengan kegiatan transfer antar bank yang saat ini belum lengkap dan masih harus dilakukan secara terpisah.

"Sebelumnya OY! sudah hadir sejak tahun 2017 lalu, saat ini kami sudah memiliki 70 ribu pengguna aktif dan hadir di lebih 40 kota di Indonesia. Aplikasinya sendiri sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali," kata VP Product Business OY! Indonesia, Mario Nicolas.

Menjalin kemitraan dengan bank di Indonesia

Untuk menghadirkan proses seamless dan terjamin keamanannya, OY! Indonesia telah menggandeng berbagai bank yang beroperasi di Indonesia. Bank yang saat ini sudah terintegrasi dengan OY! di antaranya adalah Bank Mandiri, BNI, digibank by DBS, CIMB Niaga, serta Jenius (BTPN). Sementara BCA, Bank Permata, BRI, Bank Jawa Barat, Bank Jawa Timur, dan BTN juga sudah bisa menerima transfer dana.

"Fokus kita saat ini memang untuk melakukan transfer dana dari rekening bank, namun kita juga menyediakan top up pulsa dan pembayaran tagihan BPJS juga tagihan listrik," kata Mario.

OY! memanfaatkan teknologi dari DOKU sebagai payment gateway. Memanfaatkan lisensi yang sudah dimiliki oleh DOKU, memudahkan aplikasi seperti OY! untuk melakukan transfer antar rekening bank milik pengguna. Teknologi yang diterapkan oleh DOKU adalah, infrastruktur yang telah memenuhi standar Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS).

"Secara layanan DOKU sebagai penyedia, layanan utama kita adalah payment gateway. Artinya kita lebih memberikan layanan kepada merchant, selama hal tersebut berkaitan dengan payment," kata VP of Business Expansion DOKU, Irfan Imran Burhan.

Platform tepat untuk bisnis

Saat ini OY! telah memiliki 2000 merchant bisnis yang terdaftar. Ke depannya OY! akan menambah jumlah tersebut untuk memberikan kesempatan kepada bisnis mempromosikan produk mereka dalam bentuk rewards atau voucher untuk merangkul lebih banyak konsumen.

OY! juga memberikan poin rewards yang bisa ditukarkan dengan penawaran dari partner bisnis. Rencana selanjutnya, OY! ingin menjadi platform yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintahan dan instansi terkait lainnya untuk melancarkan proses pembayaran, misalnya pembayaran tilang.

"Selain bisnis yang besar kita juga menargetkan bisnis online di media sosial seperti di Instagram hingga Facebook untuk menggunakan aplikasi OY!. Setelah melakukan pendaftaran dan diverifikasi oleh tim OY!, pemilik bisnis sudah bisa langsung melakukan interaksi dengan memanfaatkan fitur chat OY!,' kata Mario.

Di Indonesia juga ada Netzme sebagai aplikasi lokal yang mencoba menyajikan kapabilitas yang sama, menggabungkan fitur chatting dan fintech di satu platform.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again