11 November 2015

by Glenn Kaonang

Oliba Sulap Boneka Biasa Menjadi Storyteller dan Pengantar Tidur Buat Anak-Anak

Berperan sebagai Bluetooth tracker, storyteller, lampu tidur sekaligus pemutar musik

Tren terbaru di dunia mainan anak-anak adalah pemanfaatan kecerdasan buatan alias AI. Masalahnya, belum tentu anak Anda suka dengan wujud boneka berbasis AI yang ia jumpai. Kemungkinan besar ia masih cinta mati dengan boneka teddy bear yang selalu setia menemaninya, bahkan saat bersantai di atas stroller sekalipun.

Kalau seperti itu kasusnya, Anda bisa mencoba penawaran dari startup asal Perancis ini. Bernama Oliba, ia sebenarnya merupakan sebuah Bluetooth tracker berjangkauan 30 meter untuk boneka kesayangan buah hati Anda. Tapi ketimbang hanya berfungsi untuk mencegah boneka tersebut hilang entah ke mana, Oliba juga mengusung sejumlah fitur pintar yang cukup menarik. Dengan kata lain, Oliba akan menyulap boneka biasa menjadi sedikit lebih pintar.

Oliba mengandalkan konektivitas Bluetooth 4.0 untuk menyambung ke smartphone. Perangkat berwujud burung hantu ini bisa diikatkan ke hampir seluruh boneka tradisional. Ia dilengkapi sebuah speaker, sehingga Anda juga bisa membuatnya bersuara di samping melihat lokasinya di peta.

Kehadiran speaker ini juga memberikannya peran sebagai storyteller buat anak Anda. Lewat aplikasi pendampingnya, Anda bisa memilih sebuah cerita untuk dibacakan ke anak Anda. Koleksi ceritanya cukup bervariasi, sesuai untuk anak-anak berusia 0 - 5 tahun.

Namun tentu saja cara Oliba bercerita tidak mungkin sebagus cara Anda sendiri. Maka dari itu, Oliba juga menawarkan fungsi untuk memutar rekaman cerita yang Anda buat sendiri. Untuk mulai mendengarkan cerita, anak Anda tak perlu meminjam smartphone Anda terlebih dulu. Cukup tekan wajah Oliba selama dua detik, maka cerita akan langsung dibawakan.

Tracker sekaligus storyteller, peran Oliba masih belum berhenti sampai di situ. Ia juga bertugas sebagai lampu tidur, berpenjar di dalam kegelapan sehingga anak Anda bisa tidur dengan tenang. Agar lebih maksimal, Oliba juga akan memutarkan lagu pengantar tidur – baik rekaman cerita maupun file lagu ini bisa Anda kirim via USB, dengan kapasitas maksimal 10 cerita dan lagu.

Sebagai produk untuk anak-anak, Oliba dirancang supaya sama sekali tidak membahayakan. Bodinya juga diklaim tahan banting dan bisa dicuci menggunakan mesin cuci standar. Baterainya sendiri diperkirakan bisa bertahan hingga sekitar 5 hari dalam satu kali charge.

Sejauh ini Oliba masih belum siap untuk dipasarkan secara massal. Pihak pengembangnya masih mengadakan kampanye crowdfunding di Indiegogo, dimana Anda bisa memesan satu unitnya seharga $35.

Sumber: TechCrunch.