Categories

Gadget

OLike Luncurkan Tumbler Pintar Smart Bottle: Bisa Ingatkan Anak untuk Minum

Botol pintar ini dapat memberikan informasi penting untuk sang anak

Dimas Galih W. - 19 February 2021

Tahun 2021 dibuka oleh OLike dengan meluncurkan sebuah tumbler pintar yang dinamakan Smart Bottle. Perusahaan yang masih bersaudara dengan IMOO dan OPPO ini meluncurkan perangkat terbarunya tersebut pada tangga 17 Februari 2021. Tentunya, peluncuran ini diadakan secara live streaming dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Olike Smart Bottle merupakan botol minum untuk anak-anak yang bisa berbicara lebih dari 250 kalimat dan lebih dari 50 skenario percakapan. Suara yang dikeluarkan meliputi pengingat untuk meminum cukup air, peringatan ketika suhu air panas, musik, ilmu pengetahuan umum, tebak-tebakan, dan kalimat character building untuk menciptakan kebiasaan baik sejak dini.

“Olike Smart Bottle dapat menampung 400ml air, berbahan food-grade 316 stainless steel yang tahan korosi, tahan oksidasi, tidak berbau, aman digunakan untuk anak-anak, di dalamnya terdapat temperature sensor material sehingga bisa terintengrasi untuk memberikan peringatan suhu air di dalamnya. Dengan lapisan insulasi termal vacuum, menjaga suhu air didalam Olike Smart Bottle hingga 20 jam. Bahan food grade silicon pada bagian sedotan mudah dilepaskan dan dibershikan, tahan panas, dan aman jika proses sterilisasi menggunakan sinar UV” ujar Felix Hauw, Product Manager Olike.

Selain dapat berbicara, botol pintar ini juga bisa memberitahukan suhu air yang ada didalamnya dengan menggunakan warna. Jika suhu air panas di atas 46 derajat celcius, layar LED menampilkan ekspresi dengan warna merah, hangat dengan wana kuning, dan hijau jika air dingin. Dengan kapasitas daya baterai 650 mAh, menggunakan magnetic charge dapat bertahan hingga 15 hari penggunaan. Olike Smart Bottle juga memiliki teknologi IPX6 waterproof yang tahan percikan air ketika dibersihkan.

Olike Smart Bottle dijual dengan harga Rp. 799.000 dan bisa didapatkan pada beberapa ecommerce terkemuka di Indonesia. Warna yang tersedia ada dua, yaitu biru muda dan merah muda.

Tidak Mudah Rusak?

Lagi-lagi, produk yang ditujukan untuk anak kecil sudah pasti akan terjatuh atau terbanting. Hal ini dikarenakan anak-anak masih belum bisa mengontrol gerakan mereka saat sedang memiliki kegiatan. Oleh karenanya, banyak mainan yang rusak akibat terbentur atau terbanting oleh anak kecil. Bagaimana dengan ketahanan dari Olike Smart Bottle?

Felix menjawab bahwa Olike Smart Bottle sudah dibuat dengan badan yang kokoh. Hal ini membuat Smart Bottle akan tahan saat terjatuh pada ketinggian satu meter. Bagian bawah dari Olike Smart Bottle lebih berat sehingga melindungi bagian kepalanya yang berisikan chip dan sensor. Oleh karena itu, Olike menyarankan untuk tidak dibawa jauh-jauh oleh anak kecil.

Lalu bagaimana dengan pencucian yang sering membutuhkan perendaman botolnya? Felix mengatakan bahwa pencucian untuk bagian bawahnya tidak ada masalah saat direndam. Namun pada bagian atasnya memang harus lebih berhati-hati. Walaupun begitu, pencucian dengan menggunakan sabun masih bisa dilakukan pada Olike Smart Bottle asal tidak direndam lebih dari dua jam untuk bagian atasnya karena hanya tahan terhadap percikan air.

Bagi orang tua yang sering melakukan sterilisasi dengan menggunakan air panas, ternyata botol pintar ini juga bisa dibersihkan dengan cara tersebut. Hal ini dikarenakan Olike Smart Bottle juga tahan panas sehingga bisa dilakukan sterilisasi. Hal ini juga termasuk untuk bagian atasnya, dengan syarat tidak boleh direndam lebih dari dua jam.

Jika terjadi kerusakan pada bagian kepala atau ingin mengganti baterainya, Felix menyarankan untuk langsung datang ke pusat servis Olike. Olike memiliki rekanan service center di seluruh Indonesia sehingga memudahkan untuk memperbaiki botol pintar ini saat rusak.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter