Categories

Gadget

Olive Pro Adalah Alat Bantu Dengar Sekaligus TWS dengan Active Noise Cancellation

Tidak perlu ke dokter THT, profil suaranya bisa disesuaikan melalui sebuah aplikasi pendamping

Glenn Kaonang - 19 November 2020

Hampir semua TWS premium yang dibekali active noise cancellation (ANC) turut dilengkapi juga dengan fitur untuk membiarkan suara dari sekitar masuk ketika dibutuhkan – biasanya disebut mode ambient atau transparan. Dalam posisi seperti itu, tidak salah apabila sebuah TWS kita anggap sebagai alat bantu dengar, bukan?

Mungkin dengan berlandaskan pada gagasan semacam itulah perangkat bernama Olive Pro ini dibuat. Pengembangnya, sebuah startup asal Korea Selatan bernama Olive Union, mendeskripsikannya sebagai perangkat 2-in-1: alat bantu dengar sekaligus true wireless earphone.

Olive Pro

Dilihat sepintas, wujudnya memang tidak kelihatan seperti sebuah alat bantu dengar sedikit pun. Namun pada kenyataannya, produk ini terdaftar sebagai perangkat medis, setidaknya di Amerika Serikat. Harapannya tentu saja adalah untuk menghapuskan stigma buruk yang kerap muncul ketika melihat seseorang yang mengenakan sebuah alat bantu dengar di area publik.

Pengembangnya bilang bahwa Olive Pro memanfaatkan teknologi noise cancellation berbasis machine learning untuk mengisolasi suara-suara yang tidak diinginkan, dan di saat yang sama mengamplikasi suara-suara seperti percakapan, suara TV, musik, dan lain sebagainya. Sebagai TWS sendiri, kualitas suaranya ditunjang oleh driver tipe balanced armature.

Tentu saja berhubung ini merupakan alat bantu dengar, ia datang bersama sebuah aplikasi smartphone yang dapat digunakan untuk menyesuaikan profil suara yang dihasilkan dengan kualitas pendengaran masing-masing. Prosesnya disebut hanya memakan waktu sekitar 5 menit saja, jauh lebih praktis daripada harus berkunjung ke dokter THT.

Olive Pro

Hal lain yang tidak kalah penting adalah daya tahan baterai, terutama berhubung perangkat ini bakal digunakan hampir setiap saat, bukan cuma saat ingin mendengarkan musik saja. Dalam sekali pengisian, Olive Pro dipercaya mampu beroperasi selama sekitar 7 jam pemakaian. Layaknya TWS lain, Olive Pro juga datang bersama sebuah wireless charging case yang siap menyuplai daya sebanyak dua kali, memberikan total pemakaian selama sekitar 20 jam.

Untuk pemasarannya, Olive Pro saat ini sudah bisa dipesan melalui situs crowdfunding Indiegogo. Harga paling murah yang bisa didapat para backer adalah $199, selisih $100 dari estimasi harga ritelnya, dan sangat terjangkau untuk ukuran alat bantu dengar.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter