Categories

Berita

OLX Indonesia dan Berniaga akan Segera Bergabung

Amir Karimuddin - 14 November 2014

Schibsted, Naspers, Telenor, dan Singapore Press Holdings (SPH) dikabarkan telah setuju untuk mendirikan sebuah usaha bersama yang berfokus pada pengembangan platform iklan baris online di Brazil, Indonesia, Thailand, dan Bangladesh. Salah satu poin utama yang menjadi fokus kerja sama ini adalah kemungkinan penggabungan dua penyedia layanan iklan baris online terbesar di Indonesia, OLX Indonesia dan Berniaga.

Di Indonesia, OLX Indonesia kini berada di bawah naungan Naspers, sementara 701 Search adalah pemilik Berniaga. 701 Search sendiri merupakan kongsi usaha Schibsted, Telenor, dan SPH dengan kepemilikan yang sama. Kesepakatan terbaru pihak-pihak tersebut membuat Naspers memiliki 64% saham joint venture yang baru, sementara 701 Search mendapatkan 36% sisanya.

Penggabungan dua raksasa iklan baris ini tentunya akan menggemparkan dunia digital tanah air. Setelah sukses Tokopedia di segmen layanan B2C dalam mendapatkan pendanaan sebesar $100 juta dari Softbank dan Sequoia Capital, OLX Indonesia dan Berniaga sama-sama berkompetisi di segmen C2C, dengan Jualo sebagai pelengkap persaingan di segmen tersebut. Hasil penggabungan ini bisa memiliki dominasi total di segmen C2C di Indonesia, sama seperti apa yang dimiliki oleh eBay di Amerika Serikat.

Kami akan terus memperbarui kisah penggabungan ini berdasarkan info terkini dari pihak-pihak terkait.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id