1. Startup

OLX Indonesia Sematkan Fitur Chatting di Aplikasi Android

OLX Indonesia juga sudah mulai memonetisasi layanan lewat fitur sundul dan iklan berbayar di kategori properti

Penyedia layanan iklan baris online, OLX Indonesia, mulai mengambil langkah untuk berjalan di sepanjang tahun 2016. Hari ini (21/1) OLX meluncurkan kampanye #UpgradePintar dan mengungkapkan bahwa telah menyematkan fitur chatting dalam pembaruan aplikasi mobile Android mereka. Selain itu disampaikan juga bahwa sejak kuartal akhir 2015 lalu, OLX telah mulai memonetisasi layanan lewat pada kategori iklan properti dan fitur sundul.

PR & Marcomm Manager OLX Indonesia Hermanto menyampaikan, “Mulai November 2015, kami sudah mulai kenakan biaya untuk [pemasangan] iklan [di kategori] properti, tetapi itu dimulai untuk iklan yang kesebelas. [Tujuannya] Kami ingin mencegah adanya iklan duplikasi. […] Ini untuk edukasi bahwa memasang iklan duplikasi itu diharamkan [di OLX].”

OLX Indonesia sendiri mengenakan biaya sebesar Rp 50.000 untuk pemasangan iklan berbayar di kategori properti ini. Menurut Hermanto, biaya tersebut baru akan dikenakan pada iklan kesebelas dan setelahnya. Sedangkan iklan pertama hingga sepuluh masih dibebaskan dari biaya.

Selain melalui pemasangan iklan berbayar, OLX Indonesia juga melakukan upaya monetisasi melalui fitur Sundul, yang sebelumnya bernama refresh. Berdasarkan keterangan Hermanto, untuk menggunakan fitur ini pemasang iklan akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Khusus untuk kategori properti, biaya yang dikenakan sebesar Rp 10.000.

Kedua fitur tersebut baru diperkenalkan di awal Oktotober 2015 lalu. OLX Indonesia mengklaim bahwa dengan menggunakan fitur berbayar, iklan yang dipasang memiliki kesempatan untuk empat kali dilihat orang lebih banyak.

Fitur Chatting di aplikasi Android

Hermanto juga mengungkapkan bahwa untuk tahun 2016 ini OLX Indonesia juga telah menyiapkan berbagai rencana untuk pengembangan layanannya. Meski tak diungkap seluruhnya, namun disebutkan bahwa kini dalam aplikasi OLX Indonesia untuk Android telah tersemat fitur Chatting.

Own Media Manager OLX Indonesia Arya Perdhana mengatakan, “Sekarang pengguna OLX untuk Android sudah bisa menggunakan fitur Chatting melalui aplikasi. Kami memilih Android karena pengguna Android saat ini adalah mayoritas. Dengan fitur Chatting ini, pengguna akan menjadi lebih mudah untuk melakukan tawar menawar.”

Di usianya yang hampir memasuki satu dekade, OLX Indonesia mengklaim telah memiliki 3 miliar kunjugan tiap bulan dengan kunjungan 90 persen berasal dari mobile. Untuk jumlah iklan yang dipasang, OLX mengklaim bahwa tiap bulannya ada 4 juta iklan baru yang masuk.

Di awal tahun 2016 ini, OLX Indonesia juga meluncurkan program  #UpgradePintar, untuk mengajak penggunanya beriklan. Kampanye ini berhadiah total Rp 100 juta dan memberi saldo OLX untuk 1100 pemenang yang dapat digunakan untuk fitur promosi Sundul, Top Listing, Latar Kuning, dan Label Istimewa.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again