Categories

Berita

OLX Indonesia Ungkap Pencapaian dan Tren Pengguna di Kuartal Pertama 2016

Termasuk tren hobi dan lowongan pekerjaan yang makin marak

Yenny Yusra - 14 April 2016

Layanan online classified OLX Indonesia kembali memberikan pemaparan seputar tren, jumlah transaksi dan fitur terbaru dalam acara temu media hari ini di Conclave Jakarta. Dihadiri CEO OLX Indonesia Daniel Tumiwa dan CMO OLX Indonesia Edward Kilian Suwignyo, mereka mengupas apa saja yang telah terjadi dan telah dicapai oleh OLX di Indonesia.

Sebagai situs iklan baris yang senantiasa memfasilitasi kebutuhan jual-beli masyarakat Indonesia, OLX mencatat beberapa tren baru yang ternyata secara khusus hanya terjadi di OLX. Hal inilah yang kemudian dicoba untuk diinformasikan kepada media, penjual, dan pengguna OLX di tanah air.

"Secara internal kami melihat OLX Indonesia mengalami peningkatan yang cukup baik. Meski demikian tidak dapat dipungkiri ada pula beberapa poin yang mengalami penurunan, namun secara keseluruhan kami cukup puas dengan kemajuan serta monetisasi yang telah di lancarkan pada kuartal pertama 2016," kata Daniel yang juga adalah Chairman idEA.

Tren baru pengguna OLX

Terkait dengan transaksi yang telah berhasil didapatkan selama kuartal pertama tahun 2016, OLX Indonesia mencatat kenaikan sebesar 18% yaitu 1,6 juta transaksi per bulan. Pertumbuhan ini terjadi di berbagai kategori yang tersebar cukup merata di Indonesia.

"Jika dulunya didominasi oleh pengguna di Jakarta saja, saat ini sudah banyak pengguna yang berada di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Yogyakarta, dan lainnya mulai aktif menggunakan OLX," kata Edward.

OLX mencatat jumlah pengguna aktif naik menjadi 20 juta orang per bulan dan jumlah penjual naik menjadi lebih dari 900 ribu orang per bulan. Selain jumlah pengguna yang mengalami peningkatan, jumlah iklan yang terpasang di OLX juga mengalami kenaikan sebesar 20% menjadi 4,8 juta iklan setiap bulannya.

Tren lainnya yang dicatat oleh OLX adalah mulai bermunculannya iklan baris menawarkan lowongan pekerjaan untuk posisi tertentu, seperti kasir, penjaga gudang, dan pekerjaan-pekerjaan di sektor informal lainnya.

Tercatat 40 ribu iklan baris lowongan pekerjaan yang dimuat di OLX dan 32 ribu iklan tersebut langsung direspon oleh pelamar yang melihat langsung iklan baris di OLX. Secara keseluruhan persentasenya naik sekitar 53% di kuartal pertama 2016.

"Kami melihat saat ini sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan OLX sebagai media untuk mencari kandidat baru. Dari semua iklan yang ditawarkan oleh perusahaan, rata-rata 1 iklan langsung direspon oleh 10 pelamar," kata Edward.

Fakta menarik yang juga dibagikan OLX adalah minat dan antusiasme masyarakat Indonesia terkait barang-barang bekas atau second hand product. Ketika saat ini industri otomotif, dalam hal ini mobil, mengalami kemunduran di sisi penjualan, ternyata tidak demikian dengan penjualan mobil bekas yang memanfaatkan iklan baris OLX.

"Untuk mobil bekas kami melihat harga pasaran tetap stabil dan cenderung mengalami kenaikan. Demikian juga dengan perumahan, gadget, motor dan hobi," kata Edward.

Sementara itu, layanan berbayar yang mulai dilancarkan OLX kepada penjual juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah penjual yang telah memanfaatkan layanan premium ini naik sebanyak 80% dan pendapatan pun diperkirakan juga mengalami peningkatan.

"Kami dari OLX akan terus melancarkan monetisasi kepada penjual yang ingin tampil lebih menonjol menawarkan produk yang ada dengan pilihan layanan berbayar yang lengkap," kata Daniel.

Meluncurkan fitur terbaru

CMO OLX Indonesia Edward Kilian Suwignyo dalam paparannya kepada media

Dalam kesempatan tersebut disinggung pula rencana OLX untuk meluncurkan fitur Chat V2. Nantinya semua penjual dan pengguna yang menggunakan aplikasi OLX bisa berinteraksi langsung secara anonymous saat ingin bertanya lebih detil, mendapatkan informasi, dan mengatur janji terkait transaksi jual beli.

"Fitur ini tentunya akan sangat berguna bagi penjual produk fashion yang bisa memanfaatkan in-app chat yang ada di aplikasi OLX. Segera akan kami luncurkan dalam waktu dekat," kata Edward.

Fitur lain yang juga akan segera diluncurkan oleh OLX adalah Ads Around Me. Fungsinya serupa dengan nearby location, yaitu penjual dan pembeli yang ingin mencari produk dan membayar dengan cara Cash on delivery (COD) bisa memanfaatkan fitur ini untuk mencari produk yang diinginkan sesuai dengan lokasi tempat pengguna berada.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter