Categories

Berita

OLX Luncurkan Platform Automation Testing Athena

Disiapkan dalam open source bagi para software engineer dan developer untuk menyingkat waktu pengujian

Prayogo Ryza - 3 October 2016

Sama seperti produk lainnya, perangkat lunak juga membutuhkan pengujian untuk tetap menjaga kualitas sistem. Terlebih yang dikembangkan sebuah fitur, jika terdapat kegagalan kemungkinan besar akan berpengaruh pada sistem secara keseluruhan, untuk itu penting diadakannya pengujian. Baru-baru ini OLX meluncurkan sebuah platform untuk memudahkan pengujian, tepatnya platform untuk pengujian otomatis. Platform ini diberi nama Athena.

Athena diklaim menjadi platform automation testing pertama di Indonesia. Athena diperkenalkan ke publik melalui sebuah acara yang juga dihadiri oleh Indonesian Software Quality Assurance (ISQA), para pengembang web dan dibuka oleh Software Engineering Evangelist Nasper Limited (perusahaan yang membawahi OLX) Rafael Pinto melalui video call.

Dijelaskan Pinto, automation testing merupakan teknik pengujian sebuah produk. Sama halnya dengan produk lain seperti elektronik, produk perangkat lunak juga membutuhkan proses pengujian agar kualitasnya sesuai dengan standar yang ditentukan. Sayangnya melakukan pengujian bukan hal yang mudah, selain prosesnya yang cukup rumit, automation testing juga memakan waktu yang lama.

Para pembicara (Rendra - Ferga - Suci - Tegar - Buddy)

OLX melihat kebutuhan automation testing ini begitu tinggi namun ketersediaan software engineer belum mencukupi, khususnya di Indonesia. Untuk itu dengan peluncuran Athena ini OLX berharap dapat melakukan proses pengujian dengan lebih mudah dan cepat.

Chief Technology Officer OLX Indonesia Ben Hoskins mengatakan:

 "Dengan menggunakan Athena, proses automation testing dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Semua proses automation testing yang awalnya memakan waktu dua hingga tiga bulan, kini dapat dilakukan dalam satu atau dua minggu menggunakan Athena."

Athena sendiri berawal dari riset tentang automation di Jerman, kemudian dikembangkan dengan melibatkan para software engineer OLX secara global, termasuk Indonesia. Seiring berkembangnya Athena, OLX akhirnya memutuskan untuk menjadikan platform ini sebagai platform open source untuk bisa dimanfaatkan para software engineer dan developer di luar OLX.

"Jika Anda senang menghabiskan waktu untuk menyelesaikan masalah selama berjam-jam, mungkin Athena bukan untuk Anda. Namun, jika Anda ingin hasil kerja yang elegan dengan proses yang lebih cepat, Anda pasti akan menyukai Athena," tutup Ben.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter