Categories

Gadget

Olympus OM-D E-M1 Mark III Unggulkan Image Stabilizer yang Sangat Advanced

Saking efektifnya, mode High Res Shot bisa dilakukan secara handheld, dan kamera turut dilengkapi mode AF khusus astrofotografi

Glenn Kaonang - 13 February 2020

Olympus baru saja memperkenalkan OM-D E-M1 Mark III, suksesor dari OM-D E-M1 Mark II dan OM-D E-M1X sekaligus. Premis yang diangkat di sini adalah menghadirkan hampir semua keunggulan E-M1X – macam fitur Live ND misalnya – dalam wujud yang jauh lebih ringkas (tanpa vertical grip), serta tentu saja menyuguhkan sejumlah pembaruan.

Seperti yang bisa kita lihat, fisik kamera ini nyaris identik dengan E-M1 Mark II, dengan pengecualian pada joystick 8 arah dan sejumlah tombol lain. Juga semakin disempurnakan lagi adalah intensitas weather sealing-nya; kamera ini secara resmi telah mengantongi sertifikasi IPX1.

Olympus OM-D E-M1 Mark III

Untuk sensornya, E-M1 Mark III masih menggunakan sensor Four Thirds beresolusi 20,4 megapixel yang sama seperti sebelumnya. Kendati demikian, Olympus telah menyematkan image processor generasi terbarunya, TruePic IX, dan sistem stabilizer-nya turut di-upgrade sehingga mampu mengompensasi getaran sampai 7 stop exposure.

Perpaduan prosesor dan stabilizer baru ini juga mewujudkan fitur bernama 50MP Handheld High Res Shot. Sesuai namanya, pengguna dapat mengambil foto beresolusi luar biasa tinggi (hasil penggabungan beberapa foto sekaligus) tanpa harus mengandalkan tripod. Kalau ada tripod, resolusinya malah bisa ditingkatkan lagi menjadi 80 megapixel.

Olympus OM-D E-M1 Mark III

Perihal autofocus, E-M1 Mark III masih mengandalkan sistem yang sama yang terdiri dari 121 titik phase-detection berjenis cross-type. Yang berbeda, kamera ini mengemas satu fitur unik bernama Starry Sky AF, yang dirancang supaya penggiat astrofotografi tidak harus mengandalkan teknik focusing secara manual dalam berkarya.

Selebihnya, E-M1 Mark III masih merupakan kamera yang sama kapabelnya seperti pendahulunya, baik dari segi performa (burst shooting 18 fps dengan AF tracking) maupun videografi (4K dengan stabilizer 5-axis). Juga sangat berguna adalah kompatibilitas kamera ini dengan power bank USB-C PD (Power Delivery).

Di Amerika Serikat, Olympus OM-D E-M1 Mark III rencananya akan dipasarkan mulai 24 Februari mendatang seharga $1.800 (body only). Bundel bersama lensa M.Zuiko 12-40mm F2.8 Pro ditawarkan seharga $2.500, sedangkan yang bersama lensa M.Zuiko 12-100mm F4 Pro seharga $2.900.

Sumber: DPReview.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id