Olympus Ramaikan Pasar Action Cam dengan Stylus Tough TG-Tracker

Siap merekam video 4K selagi mengumpulkan beragam data dengan sejumlah sensor yang tersematkan

Pabrikan kamera mirrorless ternama, Olympus, baru-baru ini meluncurkan produk perdananya yang bakal bersaing di ranah kekuasaan GoPro. Action cam besutan Olympus ini cukup istimewa karena benar-benar dirancang secara spesifik untuk menemani beragam aktivitas outdoor.

Bernama lengkap Olympus Stylus Tough TG-Tracker, fisiknya terlihat kokoh ala lini Olympus Tough lainnya. Bodinya tahan air hingga kedalaman 30 meter, tahan benturan dari ketinggian 2,1 meter, tahan beku hingga –10ΒΊ C dan crushproof hingga tekanan 100 kg, semuanya tanpa mengandalkan casing tambahan.

Di balik lensa f/2.0 dengan sudut pandang 204ΒΊ bernaung sensor CMOS 1/2,3 inci beresolusi 8 megapixel. Video dapat ia tangkap dalam resolusi 4K 30 fps, tidak kalah dari Xiaomi Yi 2. Mendampingi sensor tersebut adalah chip pengolah gambar TruePic VII yang sudah sangat terbukti keandalannya melalui lini kamera mirrorless Olympus OM-D serta sistem image stabilization elektronik 5-axis.

Panel belakang Olympus Stylus Tough TG-Tracker dihuni LCD 1,5 inci yang bisa ditarik ke samping / Olympus

Akan tetapi kualitas gambar baru sebagian cerita dari TG-Tracker. Dari namanya saja sudah kelihatan kalau kamera ini menyimpan fungsi tracking. Benar saja, TG-Tracker telah dibekali GPS, sensor tekanan barometrik, sensor suhu, e.Compass dan accelerometer. Beraneka data yang dikumpulkan ini bisa langsung disematkan ke video yang direkam.

Soal pengoperasian, panel belakang TG-Tracker dihuni oleh LCD 1,5 inci yang bisa ditarik ke samping ala camcorder. Di bawah lensanya juga terdapat lampu LED dengan tingkat kecerahan 60 lumen yang bisa dimanfaatkan sebagai senter saat pengguna tengah bertualang di dalam kegelapan.

Selain menyeimbangkan genggaman, aksesori pistol grip ini juga bisa dijadikan tongsis / Olympus

Tidak ketinggalan juga sebuah aksesori berupa pistol grip yang termasuk dalam paket penjualan. Aksesori ini tentunya akan membantu pengguna menggenggam kamera dengan lebih stabil, plus posisinya bisa diubah-ubah untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk mengambil selfie. Setelahnya, pengguna tinggal memindah gambar atau video yang diambil ke smartphonevia Wi-Fi.

Olympus Stylus Tough TG-Tracker rencananya bakal dipasarkan mulai Juni mendatang seharga $350. Ia bakal ditawarkan dalam dua pilihan warna, yaitu hijau dan hitam.

Sumber: DPReview.