StartupGadget

Olympus Ungkap Olympus Air, Debut Mereka di Lini Lens Camera

Saat diungkap, attachable camera Sony QX sempat menjadi pusat perhatian. Rancangannya unik, pasangkan di smartphone dan kini handset jadi bagian dari kamera canggih. Sebagai pionir di kelas itu, Sony bahkan sempat merilis versi update-nya. Tapi tentu masih ada celah bagi kom-petitor untuk bermanuver, dan Olympus baru saja mengungkap 'lens camera' perdana mereka.

Diperkenalkan dengan nama Olympus Air A01, sebenarnya ia sudah jadi topik perbincangan selama beberapa bulan ke belakang, terutama di ajang Photokina 2014. Kini semua informasinya lebih jelas. Olympus Air adalah kamera berbentuk lensa, memanfaatkan smartphone sebagai medium pengaturan dan display, yang dapat ditambatkan atau digunakan secara wireless via konektivitas Bluetooth atau Wi-Fi.

Olympus Air A01 ditenagai sensor Live MOS 16-megapixel, mampu mengambil 320 foto sebelum harus diisi kembali baterainya, ditambah mount untuk lensa-lensa Micro Four Thirds. Produsen mengklaim bahwa Air dapat menghasilkan gambar-gambar sekelas kualitas kamera SLR dan kemampuan mengabadikan objek cepat melalui shutter ultra-high-speed 1/16000, tanpa menyertakan kerumitan setting.

Beragam fitur juga telah Olympus siapkan. Berdasarkan interpretasi saya yang dibantu Google Translate, setidaknya ada delapan pilihan app smartphone disediakan untuk attachable camera ini. Ia bisa mengenal objek, warna dan menyesuaikan pencahayaan dengan pintar. Terdapat 14 filter dan sembilan efek berbeda, ditambah fitur Photo Story. Salah satu aplikasi dirancang supaya menyerupai dial fisik kamera, kemudian aplikasi lain menyuguhkan Art Filter tersendiri.

 

Info menarik: Sony ILCE-QX1 Bisa Mengubah Smartphone Anda Menjadi Kamera Mirrorless

 

Menurut Engadget, Olympus Air masuk dalam kategori kamera open-platform, dan Olympus membebaskan developer third-party untuk meracik app-app pendukung. Dari segi desain, produsen asal Jepang itu merancang Air agar serasi ketika disandingkan ke berbagai merek smartphone. Air memiliki ukuran 56,5x57,1x43,6mm dengan bobot cukup ringan, hanya 147 gram.

Air A01 dijanjikan akan mempermudah pengguna mengambil gambar dari sudut manapun, bisa membaca QR code, dipadu fitur night scene, remote shooting, serta mendukung fotografi macro.

Dari situs resmi Olympus, tampaknya tersedia dua tipe Olympus Air A01: Versi body tanpa lensa seharga ¥ 33.800 (sekitar US$ 288) berwarna hitam atau putih, serta kit dengan lensa 14-42mm edisi M. Zuiko yang dibanderol ¥ 49.800 (kira-kira US$ 424). Buat sekarang, ia baru diumumkan untuk pasar Jepang saja, dirilis tanggal 6 Maret 2015 nanti.

Sumber: Olympus.co.jp.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again