13 August 2014

by Yoga Wisesa

Om One, 'Speaker Terbang' Besutan Om Audio

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, kini kualitas produk speaker bukan hanya dinilai dari performa suara saja, tapi juga konektivitas serta fitur menarik yang dimilikinya. Kita sudah melihat beberapa model speaker unik yang bisa Anda dimiliki, namun produk baru buatan Om Audio ini mungkin berhasil memecahkan batasan kemampuan produk audio lainnya.

Mengenalkannya dengan nama Om One, ia adalah speaker terbang pertama yang pernah dibuat manusia. Terbang yang saya maksudkan di sini adalah benar-benar melayang, bukan menggantung di kabel atau tali. Om Audio memanfaatkan teknologi elektromagnet, dan Om One mampu menjalankan musik via koneksi Bluetooth.

Kemampuan Om One memang terdengar tidak masuk akal, Anda mungkin baru akan percaya setelah menyaksikannya sendiri. Speaker tersebut memiliki dua buah bagian: bagian berbentuk tabung dengan diameter 16 sentimeter dan tinggi 4 sentimeter, serta 'bola' berdiameter 3 sentimeter yang mampu terbang di atasnya.

 

Info menarik: 5 Speaker Unik yang Bisa Anda Miliki Sekarang Juga

 

Om One merupakan hasil karya para desainer industri dan teknisi audio kelas dunia. Bukan hanya unik, speaker ini mampu menghasilkan output berkualitas tinggi. Ia diklaim memiliki suara 'true stereo', dengan hasil audio bernada tinggi dan rendah yang detail, tanpa distorsi eksternal. Lalu bagaimana Om Audio melakukannya?

Ternyata, bagian orb atau bola terbang bukanlah sekedar gimmick dan pemanis mata. Di sanalah desainer menempatkan driver berukuran 75 milimeter Om One. Kombinasi dari bagian alas dan bola terbang mampu menyajikan suara stereo yang tidak kalah dari speaker-speaker premium milik para kompetitor.

Anda dapat menyambungkan smartphone atau perangkat dengan koneksi Bluetooth lain untuk menikmati musik via aplikasi-aplikasi populer seperti Pandora, Spotify, Rdio, dan Beats Music, atau secara langsung dari koleksi lagu yang sudah Anda miliki. Sambungan Bluetooth 4.0 memungkinkan pengguna mengubah track dan mengontrol volume hingga jarak 10 meter.

 

Info menarik: Desainer Asal Inggris Memamerkan Hoverbike, Motor Terbang Multifungsi Pertama di Dunia

 

Speaker Om One menawarkan musik berdurasi 15 jam non-stop dengan output 110 decibel dari speaker 3 Watt miliknya. Ia memiliki microphone build-in yang bisa dimanfaatkan untuk conference call, serta untuk menerima panggilan telepon. Kemudian Anda juga dapat membawa bagian orb/sphere tersebut sebagai speaker portable mandiri.

Hal menarik dari Om One adalah, berbeda dari produk Om Audio lain, speaker terbang itu dikembangkan dan dipasarkan pertama kali dengan metode crowdfunding. Anda bisa memesan Om One langsung dari situs resminya. Sejauh ini, kita dapat memilih warna jet black (hitam), glacier white (putih), dan versi dimana orb menyerupai bola disko.

Dalam program crowdfunding tersebut, satu unit Om One disajikan seharga US$ 179. Rencananya harga akan naik sebesar US$ 20 setelah ia dipasarkan secara umum, di tahun depan. Penasaran seperti apa speaker terbang buatan Om Audio ini? Silakan simak video pengenalannya di bawah.

Via The Verge. Sumber: OmOne.com.