Categories

Berita

Oncom Sediakan Wadah Konsultasi Online dengan Berbagai Ahli

Oncom hadirkan ahli dan mentor dari berbagai bidang, seperti psikologi, kesehatan, hukum, hobi, dan lain-lain

Marsya Nabila - 18 August 2016

Oncom (Online Consultation & Mentorship) adalah platform berbentuk aplikasi digital yang berusaha menjembatani kebutuhan masyarakat yang ingin berkonsultasi secara live chat dengan para experts dan mentor dari berbagai bidang seperti psikologi, kesehatan, hukum, hobi, dan lainnya.

Dasar utama pendirian aplikasi ini, menurut pihak Oncom adalah masih banyaknya permasalahan umum yang sebenarnya bisa diselesaikan secara cepat dan praktis. Namun permasalahannya, tidak tahu harus bertanya kepada siapa. Penyebabnya bisa jadi dikarenakan malu bertanya atau takut biaya konsultasi yang mahal.

Ambil contoh, pertanyaan mengenai apakah minum paracetamol boleh dibarengi dengan obat diare. Pertanyaan seperti itu perlu dibantu oleh ahli yang terkait agar informasinya valid.

"Kami berharap dengan hadirnya Oncom, bisa memecahkan masalah tersebut dan siapa pun dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan," ujar Bima Sastra Gordhi, founder Oncom, dalam keterangan resmi yang diterima DailySocial, Kamis (18/6).

Setelah pengguna mengunduh aplikasi ini dari smartphone, ada proses registrasi yang harus ditempuh. Kemudian, pengguna dapat memilih bidang konsultasi yang diinginkan dan bisa berinteraksi secara live chat dengan konsultan/mentor. Seluruh proses konsultasi akan dijamin kerahasiaannya oleh Oncom. Opsi lainnya pengguna bisa menggunakan nama samaran agar konsultasi bisa berjalan secara aman dan nyaman.

Adapun para konsultan Oncom adalah orang-orang profesional yang telah menduduki posisi tertentu sesuai dengan bidang dan profesinya masing-masing. Sementara mentor Oncom adalah para mahasiswa yang sedang menekuni bidang terkait, mereka memiliki ilmu dan akses mencari informasi yang valid.

Aplikasi ini sudah dapat diunduh secara gratis oleh publik sejak 17 Agustus 2016, namun sementara ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Android.

Sebelum Oncom, sudah ada pemain konsultasi online di Tanah Air yang beredar. Sebut saja ada Brainly (konsultasi mata pelajaran), HaloDoc (konsultasi medis memakai fitur video call), TanyaDok (konsultasi kesehatan secara live), dan lainnya.

Secara fitur, apa yang dimiliki Oncom bukanlah hal yang baru karena pemain sebelumnya sudah menggunakan fitur live chat. Dari cakupan bidangnya, Oncom lebih kaya karena tidak spesifik membahas satu bidang saja. Hal ini bisa menjadi kekuatan, sekaligus kelemahan, Oncom dibandingkan pemain konsultasi online lainnya. Jika tidak mampu menguasai bidang-bidang ini, Oncom akan tergerus para pemain yang lebih memilih tema-tema spesifik sebagai spesialisasinya.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter