ONE Esports Rencanakan Kompetisi Internasional Dota 2 di Jakarta

ONE Dota 2 Jakarta World Pro Invitational akan menghadirkan 12 tim kelas dunia pada 17-19 April 2020 mendatang

Gegap gempita esports MOBA untuk perangkat berjalan memang sedang besar-besarnya di Indonesia. Segitu besarnya, sampai-sampai Moonton, pengembang Mobile Legends, berani mencoba melaksanakan sistem liga franchise di Indonesia; yang sempat menjadi polemik di kalangan para pelaku industri.

Kendati demikian, bukan berarti Indonesia kehabisan fans esports game MOBA untuk PC, seperti Dota 2. Indonesia ternyata masih menjadi pasar yang potensial untuk gelaran esports Dota 2 Internasional. Bukti potensi tersebut terlihat lewat rencana ONE Esports menyelenggarakan ONE Dota 2 Jakarta World Pro Invitational di ICE BSD.

Sumber: Valve Official Media

Mengutip rilsan media resmi ONE Esports, gelaran Dota tingkat internasional tersebut akan diselenggarakan pada 17-19 April 2020 mendatang. ONE Esports sudah memastikan beberapa hal seputar gelaran tersebut lewat rilisan media, seperti total hadiah sebesar US$500.000, jumlah tim yang akan bertanding sebanyak 12 tim dari seluruh penjuru dunia, dan PGL sebagai rekanan penyelenggara gelaran ini.

"ONE Esports merupakan rangkaian kompetisi esports terbesar di Asia yang akan menampilkan game terpopuler di dunia, seperti Dota 2, Street Fighter, dan Tekken 7." Ucap Chatri Sityodtong, Founder dan CEO ONE Championship, induk dari ONE Esports.

Sayangnya, selain dari informasi yang disebutkan di atas, belum ada informasi lanjutan lainnya. Hal masih jadi pertanyaan adalah, apakah kompetisi ini akan jadi bagian dari Dota Pro Circuit musim 20-21? Siapa saja tim yang diundang langsung? Akankah ada kualifikasi untuk gelaran tersebut?

Chatri Sityodtong, Founder dan CEO dari ONE Championship. Sumber: Forbes

Selain dari gelaran kompetisi Dota, gelaran kompetisi Tekken 7 dan Street Fighter juga menjadi rencana lain yang akan diadakan oleh ONE Esports. ONE Tekken Tokyo Invitational dan ONE Street Fighter Tokyo Challenge jadi dua kompetisi yang masuk rencana, dan akan diadakan pada 5-6 mendatang Oktober 2019 di Tokyo, Jepang.

ONE Esports merupakan sub dari ONE Championship, salah satu promotor pertandingan bela diri campuran atau yang biasa disebut MMA. Chatri Sityodong mengumumkan kerjasamanya dengan Dentsu Sports Asia, yang akhirnya membuahkan ONE Esports, dan kompetisi-kompetisi yang akan diselenggarakan tersebut.

Gelaran ini tentunya akan menghidupkan kembali geliat penggemar Dota 2 di Indonesia, mengingat juga kesuksesan gelaran GESC Indonesia Minor kemarin. Apalagi jika gelaran ini menghadirkan pemain-pemain tingkat dunia, seperti Sumail, Miracle, atau Dendi yang banyak diidolakan.