Dark
Light

One Today, Aplikasi Crowdfunding untuk Kegiatan Amal

1 min read
August 12, 2013

Platform crowdfunding memang sedang naik daun. Beberapa waktu lalu kami sempat mengulas bagaimana sistem crowdfunding berhasil mendanai 1 juta proyek dengan total pendanaan sebesar 2,7 miliar dolar selama tahun 2012 lalu. Tak ayal, berbagai aplikasi dan platform crowdfunding baru pun bermunculan. Salah satunya adalah One Today, aplikasi crowdfunding untuk kegiatan amal yang dikembangkan oleh Google.

One Today hadir dengan konsep yang menurut saya sangat menarik. Idenya adalah bagaimana mengajak orang untuk melakukan donasi sebesar 1 dolar saja untuk setiap proyek kegiatan amal yang ada di One Today. Dengan One Today ini Google berusaha menekankan bagaimana hal-hal yang kecil dapat membawa perubahan dan manfaat yang besar. Selain memberi donasi, pengguna One Today juga bisa membantu menyebarluaskan kegiatan amal yang didukungnya melalui media sosial Twitter dan Google+.

Ada lima kategori kegiatan amal yang bisa dibantu oleh pengguna One Today. Kelima kategori tersebut adalah Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Kemanusiaan, dan Fauna. Setiap harinya aplikasi One Today akan mencoba untuk menampilkan kegiatan amal yang berbeda kepada penggunanya.

Pada setiap halaman kegiatan amal, One Today juga menampilkan bagaimana donasi dari pengguna bisa bermanfaat terhadap kegiatan tersebut. Misalnya pada screenshot di bawah ini disebutkan bahwa untuk setiap 8 dolar yang terkumpul akan digunakan untuk membeli lampu senter dan baterai untuk patroli pengamanan satwa liar.

Untuk bisa mendaftarkan kegiatan amal ke One Today, pengusul kegiatan harus memiliki lembaga non profit yang terdaftar. Google menjanjikan proses persetujuan sebuah usulan kegiatan amal agar bisa terdaftar di One Today hanya memakan waktu beberapa menit saja, tidak akan sampai panjang hingga berbulan-bulan.

Sayangnya sampai saat ini One Today hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat saja. Detil lengkap mengenai aplikasi One Today bisa dilihat di situs resmi One Today pada tautan ini atau di halaman Google Play aplikasi One Today di tautan ini.

 

Sumber: One Today via TechCrunch.

Previous Story

[Rumor] Nvidia Akan Rilis Tablet 7 Inci Tegra Tab

Next Story

Nexus 5 Akan Dibuat oleh Motorola?

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan