Categories

Gadget

One Xplayer Ibarat Nintendo Switch dengan Jeroan ala Laptop

Spesifikasinya cukup mumpuni untuk menjalankan deretan game PC terbaru dengan lancar

Glenn Kaonang - 11 May 2021

Rumor seputar Nintendo Switch generasi baru terus bertambah kuat seiring berjalannya waktu. Di saat yang sama, tren handheld gaming PC juga terus bertambah populer dengan hadirnya perangkat-perangkat seperti GPD Win 3 maupun Aya Neo. Alternatifnya, kita bisa melirik One Xplayer.

Sama seperti GPD Win 3 maupun Aya Neo, One Xplayer turut diperkenalkan melalui metode crowdfunding. Konsep yang ditawarkan pun kurang lebih sama: jeroan ala laptop dalam kemasan ala Nintendo Switch, lengkap dengan controller di sisi kiri dan kanan (tidak bisa dilepas-pasang). Yang sedikit berbeda, One Xplayer lebih ambisius lagi perihal spesifikasi.

Yang paling utama, layar milik One Xplayer lebih besar sekaligus lebih tajam: IPS 8,4 inci dengan resolusi 2560 x 1600 pixel. Lalu pada konfigurasi termahalnya, perangkat mengusung prosesor Intel Core i7-1185G7 dengan GPU Iris XE 96 EU, RAM 16 GB, dan SSD NVMe 2 TB. Kapasitas baterainya pun cukup besar di angka 15.300 mAh, dan perangkat bisa di-charge menggunakan power bank USB-PD.

Untuk controller-nya, One Xplayer menggunakan layout yang semestinya sudah sangat familier: sepasang stik analog di kiri-kanan, D-Pad di kiri, dan tombol XYAB di kanan. Sepasang tombol bumper dan sepasang tombol trigger melengkapi perannya sebagai sebuah handheld console. Semua itu dikemas dalam rangka yang terbuat dari perpaduan bahan polycarbonate dan ABS, dengan bobot sekitar 820 gram.

Tanpa perlu terkejut, One Xplayer menjalankan sistem operasi Windows 10. Ia dilengkapi sepasang port USB 4.0, sehingga dapat disambungkan ke perangkat eGPU dan monitor eksternal sekaligus ketika dibutuhkan. Tersedia pula aksesori opsional berupa keyboard dan trackpad yang dapat menyambung secara magnetis.

Buat yang penasaran perangkat ini datang dari mana, pengembangnya adalah One Netbook, sebuah perusahaan asal Tiongkok yang memang berfokus mengembangkan laptop berukuran mini. Kampanye Indiegogo-nya sejauh ini sudah jauh melebihi target dan masih menyisakan waktu sekitar satu bulan.

Soal harga, One Xplayer jauh dari kata murah, bahkan untuk harga early bird-nya sekalipun. Varian termahalnya tadi dijual seharga $1.499 (± 21,3 jutaan rupiah), dan ini sudah sold out. Di bawahnya, ada varian dengan prosesor Core i7-1165G7 dan SSD 1 TB seharga $959 (± 13,6 jutaan rupiah), diikuti oleh varian Core i5-1135G7 dan SSD 512 GB seharga $819 (± 11,6 jutaan rupiah).

Via: TechRadar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id