Categories

Internet

OneDrive Kini Bisa Buatkan Album Foto Secara Otomatis

Juga perkenalkan fitur On This Day yang punya cara kerja mirip seperti di Facebook

Glenn Kaonang - 26 July 2016

Bagi sebagian besar pengguna, fungsi utama layanan cloud storage adalah untuk menyimpan foto. Berkat layanan seperti Dropbox atau OneDrive, pada dasarnya kita bisa menikmati koleksi foto tersebut dari perangkat apa saja asalkan ada koneksi internet.

Microsoft paham akan pandangan semacam itu, hingga akhirnya mereka merilis fitur-fitur baru untuk OneDrive yang akan menyempurnakan kinerjanya dalam memanajemen foto. Yang pertama adalah Automatic Album, ditujukan supaya pengguna bisa lebih mudah mengakses kenangan-kenangan indahnya bersama teman maupun keluarga.

Berkat fitur ini, OneDrive sanggup mengenali ketika Anda mengambil beberapa foto dalam jangka waktu pendek di lokasi tertentu. Foto-foto terbaik dari sesi tersebut akan dikumpulkan menjadi satu album, dan pengguna akan diberi notifikasi ketika albumnya sudah siap dinikmati ataupun dibagikan.

Menarik juga untuk disorot adalah bagaimana Microsoft terinspirasi oleh fitur Discover Weekly milik Spotify dalam menerapkan fitur Automatic Album ini. Jadi setiap Senin pagi, OneDrive akan membuatkan album foto-foto yang pengguna ambil selama akhir pekan kemarin secara otomatis.

Fitur On This Day pada OneDrive punya cara kerja seperti yang sudah ditawarkan Facebook cukup lama / Microsoft

Selain Spotify, Microsoft sepertinya juga terinspirasi oleh Facebook dalam merancang fitur baru yang kedua, yaitu On This Day. Fitur ini sederhananya akan menyuguhkan foto-foto lawas yang diambil pada hari yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Tentunya ini akan sangat membantu dalam mengenang hari ulang tahun maupun perayaan-perayaan tertentu.

Fitur pencarian foto dalam OneDrive juga telah diperbarui. Pengguna kini bisa melakukan pencarian terhadap foto yang sudah dibubuhi tag tertentu ataupun foto-foto yang diambil pada lokasi tertentu, dan OneDrive akan menampilkannya hanya foto-foto yang dimaksud saja.

OneDrive turut mengusung penyempurnaan fitur search dan fitur khusus untuk pemain Pokemon Go / Microsoft

Terakhir, Microsoft tampaknya ingin memanjakan para pemain Pokemon Go melalui fitur Poke Detector. Dengan fitur ini, OneDrive sejatinya bisa mengidentifikasi nama Pokemon dari screenshotgame Pokemon Go yang pengguna ambil, sehingga mudah dicari ke depannya.

Fitur ini merupakan buah kerja sama dengan tim Microsoft Research yang sangat berpengalaman dalam bidang image recognition maupun computer vision. Untuk menikmatinya, pastikan fitur Camera Upload pada aplikasi OneDrive sudah diaktifkan.

Sumber: Office Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter