16 November 2016

by Bambang Winarso

OnePlus 3T Akhirnya Resmi Diungkap, Hadirkan Peningkatan Prosesor dan Baterai

OnePlus 3T membawa prosesor Snapdragon 821 dan baterai lebih besar, yakni 3.400mAh

OnePlus akhirnya membuktikan janjinya untuk menghadirkan flagship terbaru. Sejalan dengan rumor yang berkembang, smartphone penerus OnePlus 3 itu diberi nama OnePlus 3T.

OnePlus 3T tak membawa banyak perubahan dari segi desain, perubahan terbesar justru dihadirkan di dalam casing melengkung yang terbuat dari aluminium. Di antaranya, peningkatan dapur pacu dan kekuatan baterai.

Tak seperti pendahulunya, OnePlus 3T kini menggunakan chipset Snapdragon 821 yang merupakan generasi terbaru yang lebih gahar ketimbang Snapdragon 820 di OnePlus 3. Kemudian kapasitas baterainya ditingkatkan menjadi 3.400mAh dari sebelumnya hanya 3.000mAh. Artinya, di atas kertas selain lebih gahar, OnePlus 3T juga lebih tahan lama.

Lompat ke kamera, OnePlus 3T menjanjikan kemampuan jepretan papan atas berkat hadirnya sensor 16MP berlabel Sony yang bersemayam di belakang dan depan. Kemudian disempurnakan oleh aperture f/.0 dan kemampuan merekam video dalam resolusi 4K yang dikombinasikan dengan fitur EIS untuk menjaga stabilitas bidikan.

Seperti seniornya,kamera ini juga diperkaya sederet piranti lunak pendamping seperti dukungan gambar RAW, Dynamic De-noise modus HQ yang membantu pengguna memperoleh foto dan video yang jauh lebih tajam. Peningkatan penting lain adalah hadirnya pelindung kaca safir yang jauh lebih kuat.

Terlepas dari kapasitas baterainya yang lebih bongsor, OnePlus 3T punya bekal lain bernama Dash Charge. Teknologi pengisian cepat kreasi asli OnePlus yang diklaim mampu mengisi baterai dengan cepat tanpa membuat komponen menjadi panas. Menurut OnePlus,cukup dengan 30 menit pengisian, perangkat mampu bertahan selama seharian penuh. Teknologi ini menjadi fitur hiburan yang mengobati ketidak hadiran modus Doze ala Nougat mengingat OnePlus 3T masih menggunakan Oxygen OS berbasiskan Android 6.0 Marshmallow.

Di bagian terluar, OnePlus 3T masih mewarisi paket yang ditawarkan oleh OnePlus 3 berupa layar 5,5 inci full HD yang dilengkapi komponen AMOLED Optic dan dipoles oleh Corning Gorilla Glass 4. Desain bezel yang tipis dan lapisan dual polaris memberi kesan mewah saat dipandang.

OnePlus 3T hadir dalam dua pilihan kapasitas memori, 64GB dan 128GB. Keduanya sama-sama ditemani RAM 6GB dan polesan warna silver, soft gold atau gunmetalgrey.

Harga dan Ketersediaan

OnePlus dijadwalkan meluncur di Amerika Utara pada tanggal 22 November dan ke wilayah lain seminggu setelahnya. Harga yang ditawarkan mulai $439 untuk varian 64GB dan $479 untuk varian 128GB.

Sumber berita OnePlus, GSMArena.