OnePlus 7T Hadirkan Sejumlah Fitur OnePlus 7 Pro dalam Harga yang Lebih Terjangkau

OnePlus 7T Hadirkan Sejumlah Fitur OnePlus 7 Pro dalam Harga yang Lebih Terjangkau

Ia bahkan lebih unggul dari OnePlus 7 Pro di beberapa aspek
OnePlus 7T / OnePlus
OnePlus 7T / OnePlus

Setelah dinanti-nanti, OnePlus 7T akhirnya resmi diluncurkan. Kalau di tahun-tahun sebelumnya seri T selalu menjadi yang paling flagship, tahun ini rupanya tidak demikian. Itu dikarenakan tahun ini mereka juga merilis OnePlus 7 Pro di samping OnePlus 7 standar.

7T pada dasarnya duduk di tengah-tengah 7 dan 7 Pro. Namun berhubung lebih baru, terkadang ia justru lebih unggul ketimbang 7 Pro di sejumlah aspek. Contoh yang paling gampang adalah chipset yang digunakan; 7T mengusung chipset Snapdragon 855 Plus, sedangkan 7 Pro cuma Snapdragon 855. Selisih performanya memang tipis, tapi tetap saja 7T lebih superior, apalagi mengingat 7T turut dibekali RAM 8 GB, serta storage internal 128 atau 256 GB tipe UFS 3.0.

OnePlus 7T

Beralih ke sektor kamera, 7T rupanya cukup identik dengan 7 Pro, terlepas dari layout fisiknya yang berbeda drastis. Tiga kamera belakangnya terdiri dari kamera 48 megapixel f/1.6, kamera telephoto 12 megapixel f/2.2 (2x zoom), dan kamera wide-angle 16 megapixel f/2.2. Yang paling kentara perbedaannya hanyalah di tingkatan zoom kamera telephoto-nya.

Namun lagi-lagi ada secuil keunggulan dari 7T ketimbang 7 Pro: kamera wide-angle-nya dapat mengunci fokus pada subjek hingga sedekat satu inci (super macro mode), dan ia turut dilengkapi fitur stabilization baru untuk perekaman video. Untuk saat ini, fitur stabilization untuk video tersebut belum tersedia di 7 Pro.

OnePlus 7T

Lalu di mana letak keunggulan 7 Pro dibanding 7T? Coba kita lihat layarnya. 7T masih mengadopsi notch, dan resolusi layar AMOLED 6,55 incinya juga cuma 2400 x 1080 pixel. Di sini kelihatan jelas bahwa layar 7 Pro memang masih selevel di atasnya.

Namun yang membedakan 7T dari 7 standar adalah, layar 7T telah mewarisi refresh rate 90 Hz milik 7 Pro. Kekurangannya di sektor resolusi juga sebenarnya bisa ditutupi oleh tingkat kecerahan hingga 1.000 nit dan dukungan HDR10+. Tentu saja di balik layarnya juga sudah bernaung sensor sidik jari terintegrasi.

OnePlus 7T

Soal baterai, OnePlus membekali 7T dengan unit berkapasitas 3.800 mAh. Namun yang lebih menarik adalah teknologi Warp Charge 30T yang didukungnya. OnePlus bilang proses pengisiannya hampir seperempat kali lebih cepat dari sebelumnya (0 – 70% dalam 30 menit), dan itu dicapai menggunakan adaptor yang sama persis, tanpa ada peningkatan dari segi output daya.

Di Amerika Serikat, OnePlus 7T dijual dengan harga mulai $599, sedikit lebih terjangkau ketimbang varian termurah 7 Pro, tapi dengan kelebihan dan kekurangan seperti yang saya jabarkan tadi. Pemasarannya sendiri dijadwalkan berlangsung mulai 18 Oktober mendatang.

Sumber: Android Police.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…