8 April 2020

by Glenn Kaonang

OnePlus 8 Pro Bakal Dibekali Dukungan Wireless Charging 30 W

Bisa mengisi baterai dari 1% sampai 50% dalam waktu setengah jam

Percaya atau tidak, sampai sekarang belum ada satu pun smartphone bikinan OnePlus yang mendukung wireless charging. OnePlus tentu punya alasan tersendiri, dan kalau menurut CEO-nya, Pete Lau, penyebabnya adalah proses pengisian menggunakan wireless charger yang lambat.

Namun 2020 bakal jadi tahun yang berbeda. Flagship mereka untuk tahun ini, OnePlus 8 Pro bakal dilengkapi dukungan wireless charging. Bukan sembarang wireless charging, melainkan yang OnePlus sebut dengan istilah Warp Charge 30 Wireless, yang sanggup menyalurkan daya dengan output sebesar 30 W.

Menggunakan Warp Charge 30 Wireless, baterai OnePlus 8 Pro dapat terisi dari 1% sampai 50% dalam waktu setengah jam saja, jauh lebih cepat daripada sistem wireless charging pada umumnya. Pun demikian, OnePlus 8 Pro tetap kompatibel dengan wireless charger standar seandainya konsumen keberatan membeli charging pad baru dari OnePlus.

Ilustrasi charging pad yang bakal ditawarkan OnePlus / OnePlus

OnePlus bukanlah yang pertama menerapkan teknologi fast wireless charging semacam ini. September lalu, Xiaomi sempat mengumumkan sistem wireless charging 30 W yang serupa. Dalam waktu dekat, OPPO bakal meluncurkan Reno Ace 2 yang mendukung wireless charging 40 W.

Seri OnePlus 8 sendiri bakal diperkenalkan pada tanggal 14 April, satu hari setelah OPPO Reno Ace 2 diresmikan. Gambar render-nya sudah sempat bocor di internet, demikian pula sebagian fiturnya, yang mencakup layar 120 Hz, chipset Snapdragon 865, dan tentu saja konektivitas 5G.

Sumber: The Verge dan OnePlus.