31 January 2018

by Bambang Winarso

OnePlus dan Xiaomi Mendominasi Daftar Smartphone Terpopuler 2017 Versi AnTuTu

OnePlus dan Xiaomi menempatkan masing-masing 3 model

Tahun 2017 memang sudah berlalu, tapi beberapa hal yang tersisa ternyata masih cukup menarik untuk diulas. Salah satunya hasil riset terbaru dari AnTuTu yang merangkum 10 smartphone paling populer pilihan para fans di Tiongkok pada tahun 2017.

Di peringkat teratas ditempati oleh OnePlus 5 dengan rating sebesar 95,37%. Hebatnya, model OnePlus lainnya menduduki peringkat kedua. OnePlus 3 memperoleh rating dari para fans di Tiongkok sebesar 94,28%. Kemudian di peringkat ketiga diklaim oleh Meizu Pro 6 Plus, smartphone flagship yang berbekal spesifikasi mumpuni. Smartphone yang juga berasal dari Tiongkok ini mendapatkan rating 93,99%.

Di posisi ke empat, OnePlus lagi-lagi unjuk gigi lewat model OnePlus 3T keluaran 2016 yang sejatinya terbilang cukup tua. Tetapi, faktor harga dan spesifikasi yang ditawarkan tampaknya sukses membuat banyak pengguna smartphone di Tiongkok jatuh hati. Di bawah OnePlus 3T ada Xiaomi Mi Max kemudian disusul Samsung Galaxy S8 dengan skor masing-masing 92,54% dan 92,40%.

Xiaomi menempatkan lagi satu jagoannya di peringkat ke-7 lewat Redmi Note 3, kemudian disusul oleh Samsung Galaxy S8+ dan ditutup oleh dua perangkat Xiaomi lainnya, Mi 6 dan Redmi 4 di peringkat ke-9 dan 10.

Berdasarkan daftar ini, bisa kita simpulkan bahwa OnePlus dan Xiaomi menguasai hati banyak konsumen perangkat mobile di Tiongkok. Di sisi lain, data ini seolah mengonfirmasi lesunya minat konsumen di sana untuk melirik perangkat berlabel Samsung yang memang relatif lebih mahal ketimbang mayoritas penghuni daftar smartphone terpopuler di atas.

Sumber berita AnTuTu.