6 March 2020

by Glenn Kaonang

OnePlus Umumkan Sayembara untuk Menampung Ide-Ide Brilian Komunitas Seputar Software

Ide yang paling menarik akan didiskusikan dan berpeluang untuk diimplementasikan pada versi baru OxygenOS

Seberapa berharga masukan konsumen bagi produsen smartphone? Saya yakin hampir semuanya akan menjawab sangat berharga, dan beberapa brand, seperti OnePlus misalnya, bahkan sampai menyediakan forum khusus buat komunitas penggunanya.

Bukan rahasia apabila OnePlus memiliki relasi yang cukup kuat dengan komunitas penggunanya. Baru-baru ini, mereka mengumumkan semacam sayembara yang cukup menarik. Dinamai Ideas, inisiatif ini dimaksudkan untuk menampung ide-ide menarik dari komunitas. Tujuan akhirnya adalah demi menyempurnakan sistem operasi OnePlus, OxygenOS.

Siapapun yang memiliki akun forum OnePlus dipersilakan menyampaikan idenya masing-masing dari 5 Maret sampai 30 April nanti. Setiap dua minggu selama periode tersebut, lima ide yang paling banyak menerima like (dari anggota forum lainnya) akan di-review lebih lanjut oleh tim internal OxygenOS.

Setelahnya, seandainya ide-ide yang terpilih itu akhirnya disetujui, OnePlus bakal mengimplementasikannya pada versi baru OxygenOS. Sang pencetus idenya pun juga akan dihadiahi akses VIP ke event OnePlus mendatang, lengkap beserta tiket pergi-pulang dan akomodasi untuk satu malam.

Ya, OnePlus pada dasarnya menerapkan metode crowdsourcing di sini, dan premisnya sebenarnya tidak jauh berbeda dari Lego Ideas. Crowdsourcing di industri teknologi juga bukan barang baru; perusahaan seperti Eve Devices malah sudah melahirkan dua produk, yakni tablet V dan monitor Spectrum, dengan menampung ide-ide dari komunitas.

Juga menarik adalah kalimat berikut, yang saya comot langsung dari situsnya: "Let's start with software and improve OxygenOS together!" Yup, sayembara ini awalnya hanya seputar software, dan tidak menutup kemungkinan ke depannya akan berlanjut ke hardware.

Sumber: Android Police.