Categories

Gadget

OnePlus Nord CE 5G Dirilis, Unggulkan Snapdragon 750G dan Harga yang Lebih Terjangkau

Bodi Nord CE 5G lebih tipis ketimbang Nord 5G, akan tetapi kapasitas baterainya justru lebih besar, dan ia turut mengemas headphone jack

Glenn Kaonang - 14 June 2021

Sekitar setahun yang lalu, OnePlus meluncurkan Nord 5G sebagai langkah awalnya mendiversifikasi lineup smartphone yang ditawarkannya. Inisiatif tersebut nampaknya mengundang respon yang cukup positif, sebab hanya beberapa bulan setelahnya, OnePlus lanjut merilis Nord N Series guna merambah kalangan konsumen yang lebih luas lagi.

Tahun ini, OnePlus sudah menyiapkan smartphone baru lagi untuk kelas mid-range. Ponsel yang dimaksud adalah Nord CE 5G, yang pada dasarnya bermaksud untuk menyuguhkan pengalaman yang serupa seperti Nord 5G, tapi dengan harga yang lebih terjangkau lagi. CE sendiri merupakan singkatan dari "Core Edition", bukan "Cheaper Edition" seperti dugaan saya pada awalnya.

Satu faktor pembeda yang paling utama adalah chipset yang digunakan. Nord CE 5G mengemas chipset Snapdragon 750G, yang posisinya berada di bawah Snapdragon 765G milik Nord 5G. Kendati demikian, spesifikasi layar milik kedua perangkat nyaris identik: AMOLED 6,43 inci beresolusi 2400 x 1080 pixel, lengkap dengan refresh rate 90 Hz dan sensor sidik jari di baliknya.

Yang agak berbeda, kamera depan Nord CE 5G cuma ada satu dengan sensor 16 megapixel. Beralih ke belakang, pengguna bakal menjumpai tiga kamera: kamera utama 64 megapixel f/1.8, kamera ultra-wide 8 megapixel, dan kamera monokrom 2 megapixel. Konfigurasi kameranya ini berbeda dari Nord 5G yang mengemas kamera macro dan depth ketimbang kamera monokrom.

Satu hal yang sangat dibanggakan OnePlus dari Nord CE 5G adalah terkait desainnya. Tebal bodinya cuma 7,9 mm, alias lebih tipis ketimbang Nord 5G, tapi di saat yang sama ia masih bisa mengemas headphone jack dan baterai berkapasitas lebih besar di angka 4.500 mAh. Baterainya ini pun juga tetap mendukung fast charging 30 W; dapat terisi hingga 70% dari kapasitas totalnya dalam kurun waktu hanya 30 menit saja.

OnePlus Nord CE 5G kabarnya akan segera dijual di negara-negara di Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Ada tiga kombinasi RAM dan storage yang ditawarkan: 6 GB/128 GB seharga €299, 8 GB/128 GB seharga €329, dan 12 GB/256 GB seharga €399. Pilihan warnanya pun juga ada tiga, yakni Charcoal Ink, Silver Ray, dan Blue Void.

Sumber: GSM Arena dan OnePlus.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter