Saya kira hampir semua pembaca setuju kalau Apple memegang peran antagonis dalam tren hilangnya headphone jack pada smartphone. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang dirilis dua tahun silam memang bukan ponsel modern pertama yang tidak dilengkapi colokan audio standar tersebut, tapi kita semua tahu pengaruh Apple terhadap industri jauh lebih besar daripada Motorola.

Satu per satu pabrikan ponsel lain pun mengikuti jejak Apple. Sekarang, bagi pengguna Android yang perangkatnya tak dibekali headphone jack, mereka memiliki dua opsi: menggunakan headphone atau earphone wireless, atau memakai headphone atau earphone USB-C. Untuk yang wireless, kita tahu pilihannya sudah sangat banyak di pasaran. Sayangnya tidak demikian untuk yang USB-C.

Kalaupun ada, umumnya harga headphone/earphone USB-C tidak murah. Kabar baiknya, situasinya bisa berubah dalam waktu dekat, tepatnya saat suksesor OnePlus 6 dirilis pada bulan November nanti – kalau rumornya benar – sebab OnePlus tengah menyiapkan earphone USB-C dengan harga yang sangat terjangkau.

OnePlus Type-C Bullets

Earphone bernama OnePlus Type-C Bullets itu bahkan sudah diumumkan di forum OnePlus. Ia bisa dianggap sebagai versi baru dari OnePlus Bullets (V2) – yang banyak menuai pujian – hanya saja konektornya bukan 3,5 mm melainkan USB-C. Bullets (V2) sendiri dihargai $20, dan OnePlus berjanji untuk tidak mengubah harganya pada Type-C Bullets.

$20 untuk earphone USB-C yang berkualitas, kurang lebih demikian premis yang diangkat OnePlus. Demi menjamin kualitas suaranya, OnePlus menyematkan DAC (digital-to-analog converter) bikinan Cirrus Logic – nama yang cukup tenar di kalangan audiophile – pada Type-C Bullets. Mikrofon beserta remote control pun juga turut tersedia.

Mengapa OnePlus harus susah-susah mengembangkan earphone ini? Mungkin karena suksesor OnePlus 6 nanti bakal datang tanpa headphone jack, dan ini rupanya telah dikonfirmasi sendiri oleh bos OnePlus kepada TechRadar. Jadi kalaupun Anda tidak tertarik dengan ponselnya, setidaknya Anda bisa melirik earphone-nya untuk digunakan bersama smartphone pilihan masing-masing.

Sumber: The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.