Categories

Berita

OngkosKirim.com: Layanan Untuk Membandingkan Ongkos Pengiriman Barang

Bonang Setoaji - 23 December 2011

Kota Malang memang sebuah kota yang sangat unik. Selain menjadi kota yang cukup terkenal, kalau melihat sisi non teknologi orang-orang dari kota ini yang hampir semuanya fanatik dengan tim sepakbola kesayangan mereka yaitu Arema. Kota Malang juga banyak memiliki talenta (dibidang IT maupun Non IT) yang memiliki passion untuk membangun sebuah startup.

Munculnya komunitas startup di kota ini yaitu Stasion, membuat kami mengerti startup dari kota ini bisa dibilang keren, beberapa dari mereka juga pernah memenangkan ajang seperti SparxUp Awards 2011, INAICTA 2011, Indigo Fellowship 2011, dsb.

Baru-baru ini muncul  lagi sebuah layanan baru dari kota ini, yaitu OngkosKirim.com. OngkosKirim adalah layanan pembanding harga pengiriman barang dari berbagai perusahaan pengiriman barang. Daripress release resmi di blog resmi situs ini, OngkosKirim.com adalah platform yang menyediakan layanan terpadu untuk pengecekan ongkos/tarif kirim, status pengiriman, dan yang lainnya dari berbagai perusahaan pengiriman/ekspedisi yang ada di Indonesia seperti POS Indonesia, JNE, TIKI, Pahala, Wahana, dll.

Seperti yang kami kutip dari press release tersebut. Tujuan dibangunnya OngkosKirim.com adalah memberikan kemudahan bagi pengguna layanan pengiriman/ekspedisi dalam mendapatkan informasi ongkos kirim dari berbagai perusahaan pengiriman/ekspedisi secara terpusat atau terpadu.

OngkosKirim sendiri juga menawarkan kepada perusahaan pengiriman barang, kanal distribusi baru untuk penyampaian informasi seputar layanan yang mereka sediakan dan kemudahan dalam pengelolaannya dengan free to low cost system tanpa perlu menyediakan infrastruktur sendiri.

OngkosKirim sendiri berada dibawah bendera (dikembangkan oleh) OpenKurir.com, sebuah layanan kurir lokal yang menyediakan berbagai macam layanan kurir seperti ambil-antar barang/makanan, beli barang/belanja, antar-jemput penumpang (anak sekolah/karyawan), tour guide, etc.

OpenKurir.com sendiri rencananya akan diluncurkan pada bulan Juni 2011 yang lalu, akan tetapi belum terealisasi hingga bulan Desember 2011 ini. Dikarenakan perihal manajemen dan operasional yang belum siap. Disela-sela mempersiapkan manajemen dan operasional OpenKurir.com, Revandi M selaku founder dari OpenKurir meluncurkan OngkosKirim.com ini.

Tampaknya untuk saat ini baru tersedia layanan dari Pos Indonesia dan JNE untuk membandingkan harga atau ongkos pengiriman dilayanan-layanan tersebut, nantinya akan bertambah layanan pengiriman barang lain di OngkosKirim.com ini.

Bagi para pembaca setia DailySocial yang kerap menggunakan layanan pengiriman barang, tidak salahnya mencoba layanan OngkosKirim.com ini untuk membandingkan harga beberapa layanan pengiriman barang yang ada. Dari segi UI-nya cukup segar ketika dilihat dan dari UX-nya sendiri sangat user friendly untuk digunakan. OngkosKirim.com sendiri nantinya akan tersedia di aplikasi mobile di beberapa platform seperti iOS, Android, BlackBerry, dan Blaast.

Maju terus startup Kota Malang!

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter