Categories

Berita

Online Privacy Mulai Jadi Perhatian Sebagian Masyarakat Indonesia

Menurut survei JakPat, lebih dari separuh responden khawatir informasi personal mereka dimanfaatkan tanpa izin

Prayogo Ryza - 15 July 2015

Teknologi maju semakin pesat, banyak permasalahan-permasalahan yang sudah bisa teratasi dengan adanya teknologi. Namun, semakin canggihnya teknologi tidak secara mutlak membawa dampak positif. Salah satu yang sering kali menjadi isu negatif terkait kecanggihan teknologi adalah privasi. Termasuk di dalamnya privasi di dunia internet, atau online privasi. Lantas sejauh mana masyarakat online Indonesia peduli terhadap hal ini ?

Dalam sebuah hasil survei yang dipaparkan di blog resmi milik Microsoft di sebutkan bahwa privasi merupakan sektor yang mendapat dampak buruk dari perkembangan teknologi baik di negara-negara maju maupun di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Di banyak negara di dunia ini isu privasi online sudah menjadi hal yang sensitif. Yang paling baru adalah penolakan beberapa LSM dari berbagai negara, termasuk juga ICT Watch dari Indonesia, terkait program internet.org yang digagas Facebook yang disinyalir melanggar privasi para penggunanya.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk online yang cukup besar, isu privasi online tampaknya sudah mulai mendapat perhatian. Hal ini bisa dilihat dari hasil survei yang dikumpulkan oleh JakPat. Dari total 512 responden, lebih dari 40 persen di antaranya memperhatikan dengan seksama pengaturan privasi di setiap layanan yang mereka pakai dan 57,81 persen dari responden khawatir informasi personal mereka dimanfaatkan pihak ketiga tanpa izin. Meskipun demikian masih ada sekitar 12 persen responden tidak begitu peduli terhadap pengaturan privasi.

Pengaturan privasi online memang terlihat sepele namun hal tersebut bisa memicu banyak sekali kejahatan dan pelanggaran. Hal paling sering dan mungkin terjadi ketika kita lalai mengatur privasi di setiap layanan online adalah kerentanan terhadap pencurian informasi pribadi seperti tanggal lahir, email, foto pribadi dan lainnya. Terlebih dari survei yang sama juga disebutkan bahwa sekitar 85,55 persen responden menggunakan akun asli dalam kegiatan online mereka.

Di Indonesia, ICT Watch adalah salah satu atau bahkan satu-satunya LSM yang benar-benar fokus pada isu privasi online ini. Bahkan melalui program internet sehat, ICT Watch mencoba mengedukasi masyarakat terutama early adopter teknologi tentang pentingnya mempertimbangkan setiap apapun yang ingin kita bagi di ranah Internet melalui kampanye “think before posting”.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter