20 September 2018

by Ayyub Mustofa

Online Qualifier AOV National Championship Season 2 Telah Dimulai

Saksikan tayangan pertandingannya setiap pukul 18.30 WIB di YouTube, Valor TV, atau Game.ly

Tanggal 18 September 2018 adalah hari yang penting bagi dunia esports, terutama di lingkungan game Arena of Valor. Ini karena hari tersebut merupakan hari pertama dari rangkaian kompetisi Arena of Valor National Championship (ANC) 2018.

Ini adalah kedua kalinya ANC diselenggarakan oleh Garena Indonesia. Pada tahun 2017 lalu, kompetisi nasional AOV di Indonesia masih mengusung judul Battle of Valor. Dalam ANC 2018 Season 2 yang sekarang berlangsung, puluhan tim dari seluruh Indonesia akan bertarung memperebutkan hadiah total senilai Rp300.000.000. Selain itu, empat finalis ANC 2018 Season 2 juga akan mendapat tiket untuk maju ke babak playoff AOV Star League berikutnya.

ANC 2018 Season 2 terdiri dari tiga tahapan kompetisi: kualifikasi, regional playoffs, dan grand finals. Babak kualifikasi sendiri terbadi menjadi dua, yaitu online qualifiers dan city qualifiers. Saat ini yang tengah berlangsung adalah babak online qualifiers.

Robox, salah satu atlet AOV yang kini bertanding di AOV Star League | Sumber: Garena

Dari online qualifier, akan diambil satu tim juara untuk maju ke babak playoffs. Sementara city qualifiers nantinya diadakan di 27 kota berbeda di Indonesia, masing-masing kota menghadirkan satu juara. Dengan demikian total tim yang maju ke babak playoffs adalah 28 tim.

ANC 2018 Season 2 Online Qualifiers akan berlangsung selama empat hari, yaitu tanggal 18, 19, 21, dan 22 September. Berikut ini adalah diagram alias bracket pertandingan yang menampilkan daftar tim peserta ANC 2018 Season 2 Online Qualifiers keseluruhan:

Anda dapat menyaksikan pertandingan-pertandingan tersebut pada hari yang ditentukan setiap pukul 18.30 WIB, kecuali hari keempat di mana pertandingan dimulai pada pukul 15.30 WIB. Dapat dilihat bahwa pada hari keempat jumlah pesertanya memang lebih banyak sehingga harus diadakan dua bracket terpisah. Tayangan streaming ANC 2018 Season 2 Online Qualifiers tersedia di channel YouTube Garena AOV Indonesia, menu Valor TV di dalam aplikasi AOV itu sendiri, atau melalui aplikasi Game.ly.

Jadwal ANC 2018 Season 2 Online Qualifiers | Sumber: Garena

AOV National Championship adalah salah satu cara Garena Indonesia untuk mencari talenta-talenta esports hebat dari seluruh negeri. Karena turnamen ini terbuka untuk umum, tim unggulan bisa muncul dari mana saja dan memunculkan kejutan. Contohnya seperti juara ANC Season 1, yaitu tim SES•Voc?Ikamil1.

Kini SES•Voc?Ikamil1 telah berganti nama menjadi Saudara e-Sports (SES) dan menjadi tim yang disegani. Anda dapat menyaksikan aksi mereka melawan tim-tim terkuat AOV Indonesia lainnya dalam AOV Star League yang berlangsung setiap hari Minggu mulai tanggal 16 September 2018.

Sumber: Garena.