6 March 2014

by Yoga Wisesa

OnLive Bangkit Kembali, Kini dengan Fitur Baru dan Dukungan Steam

Jauh sebelum Sony mengumumkan PlayStation Now, OnLive membuka mata kita pada potensi yang menanti di dalam teknologi cloud gaming. Sayangnya sewaktu diluncurkan, OnLive belum memiliki infrastuktur yang mendukung agar layanan ini dapat dinikmati secara global. Setelah kebisuan selama beberapa tahun, OnLive bangkit kembali dengan mengenalkan fitur baru.

Dengan tampilan website baru, OnLive mengumumkan CloudLift. Ini adalah sebuah layanan dalam OnLive yang dapat mengintegrasikan akun Anda dengan Steam. Hal ini memungkinkan pengguna membeli dan menikmati permainan tersebut langsung dari Steam. Game itu, walaupun diakses secara cloud, tetap mendukung sistem Cloud Save.

Itu berarti data save yang Anda buat di Steam juga akan muncul pada akun OnLive. Tentu saja dengan syarat game tersebut sudah masuk dalam daftar permainan yang didukung OnLive. Sayangnya saat ini daftar tersebut masih cukup pendek. Silakan kunjungi laman CloudLift, hanya ada 21 game yang bisa diakses dengan metode ini. Tetapi tim pengelola juga menjanjikan bahwa jumlah game akan terus meningkat.

Jauh sebelumnya, OnLive juga mengumumkan telah melakukan kerjasama dengan 50 perusahaan publisher seperti Take-Two, Sega, Ubisoft, Codemasters, Disney Interactive hingga Epic Games. Mungkin tidak sulit bagi mereka untuk 'menghangatkan' kembali kerja sama tersebut. Mereka juga mengaku telah menyederhanakan proses kerja sama dengan publisher sehingga akan lebih mudah untuk menyaring judul-judul baru.

 

Info menarik: Ini Dia Trailer Gameplay Terbaru Titanfall

 

Dengan CloudLift, Anda tetap bisa menikmati video game dari komputer dekstop - berbeda dengan konsep OnLive sebelumnya yang harus selalu mengakses internet. Ada beberapa skenario dimana fitur ini sangat berguna. Jika Anda bepergian dengan notebook tua berspesifikasi pas-pasan namun masih ingin menikmati game, Anda bisa melanjutkan petualangan dari save terakhir. Bahkan ketika waktu itu Anda memainkannya tanpa ter-streaming.

Progress permainan Anda juga akan berlaku sebaliknya. Saat Anda sampai di rumah, Anda bisa langsung meneruskan game tanpa perlu mengulang sedikitpun. OnLive akan secara otomatis mengunduh/menggunggah file save dan menyuntikkan DLC yang telah Anda beli jika belum terinstal dalam sistem tersebut.

Satu hal lagi yang paling menarik adalah kini software client OnLive juga tersedia di Mac. Untuk Anda yang hanya memiliki Mac di tempat kerja atau MacBook untuk dibawa kemana-mana, OnLive menyediakan alternatif canggih menikmati permainan-permainan Windows di platform eksklusif milik Apple itu.

Telah diluncurkan dalam versi beta, Anda bisa mengunduh CloudLift sekarang juga. Untuk biaya berlangganan, Anda harus mengeluarkan uang sebesar £ 10 atau US$ 15 per bulan. Sejauh ini, OnLive baru mendukung konsumen yang berada di wilayah Amerika dan Inggris, walaupun pada dasarnya siapapun dapat mengaksesnya jika mereka miliki koneksi internet yang cepat.

Via PC Gamer.