Browser Opera GX Didedikasikan untuk Para Gamer

Browser Opera GX Didedikasikan untuk Para Gamer

Andalkan fitur-fitur seperti CPU dan RAM Limiter, integrasi Twitch, serta agregator berita dan deal seputar dunia gaming
Salah satu fitur andalan Opera GX, yaitu GX Corner / Opera
Salah satu fitur andalan Opera GX, yaitu GX Corner / Opera

Opera memang bukan browser nomor satu perihal popularitas, akan tetapi untuk urusan kemauan bereksperimen, posisi Opera berada cukup di atas. Fakta ini kembali mereka buktikan lewat browser anyar yang mereka luncurkan, yakni Opera GX.

Bukan kebetulan peluncurannya bertepatan dengan perhelatan event E3, sebab Opera GX memang didefinisikan sebagai browser-nya para gamer. Sederhananya, Opera GX merupakan varian Opera standar yang telah dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan para gamer.

Opera GX

Kebutuhan primer gamer tentu saja adalah performa, dan Opera GX mewujudkannya lewat fitur unggulan berupa CPU dan RAM Limiter. Sesuai namanya, kedua fitur ini dirancang untuk membatasi seberapa besar tenaga CPU dan RAM yang dipakai oleh Opera GX, sehingga pada akhirnya tidak mengganggu jalannya sesi gaming.

Kalau Anda sehari-harinya browsing menggunakan Chrome, Anda pasti tahu bagaimana rakusnya browser itu menyedot tenaga CPU dan RAM. Ini kerap menjadi masalah bagi gamer yang menikmati permainan favoritnya sembari melangsungkan sesi live streaming, dan di sinilah Opera GX mencoba menawarkan solusi.

Opera GX

Fitur gaming lain yang ditawarkan Opera GX adalah integrasi Twitch. Usai menyambungkan akunnya, pengguna dapat mengakses Twitch kapan saja lewat sidebar di sebelah kiri. Mereka bahkan bakal menerima notifikasi ketika streamer yang mereka follow sedang memulai sesi live.

Ketiga, ada fitur yang dinamai GX Corner. Fitur ini sejatinya merupakan agregator berbagai macam berita maupun deal menarik seputar dunia gaming. Semua ini memang bisa kita temukan di belantara internet, tapi tentunya akan lebih mudah apabila dijadikan satu dan dikemas secara menarik.

Opera GX juga mengunggulkan desain tampilan yang sarat dengan nuansa gaming, semisal aksen warna yang dapat diubah-ubah, dan yang dapat tersinkronisasi dengan sistem pencahayaan Razer Chroma. Ini menurut saya tidak terlalu penting, yang lebih penting adalah bagaimana Opera GX juga menawarkan fitur-fitur andalan Opera versi standar.

Opera GX

Fitur-fitur tersebut mencakup VPN dan pemblokir iklan terintegrasi, tidak ketinggalan pula fungsi video pop-out. Juga tersedia secara default adalah integrasi layanan seperti Facebook, WhatsApp dan Telegram, sehingga pengguna dapat melangsungkan percakapannya lewat sidebar browser.

Opera GX saat ini masih berstatus early access. Kita dibebaskan mengunduhnya dan berpartisipasi dalam proses penyempurnaannya selagi menanti versi finalnya dirilis ke depannya.

Sumber: Opera.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…