Categories

Internet

Opera Ungkap Logo Baru Mereka

Yoga Wisesa - 23 September 2015

Opera adalah salah satu pemain veteran di ranah browser internet. Jika menilik dari waktu perilisannya, ia hampir setua Netscape, bahkan sama sepuhnya dengan Internet Explorer. Aktif beroperasi selama dua dekade ialah rekor mengagumkan, dan masih dalam momen ulang tahun ke-20, Opera Software memutuskan untuk memperbarui identitas mereka.

Developer berkeinginan supaya identitas brand anyar tersebut konsisten serta mampu mencerminkan visi Opera sesungguhnya, yaitu ‘memudahkan banyak orang di lebih banyak tempat, demi menyajikan lebih banyak pengalaman di saat yang paling dibutuhkan’. Opera mengingatkan, personalitas baru ini lebih dari sekedar perubahan pada logo, tapi turut merepresentasikan perjalanan evolusi mereka.

Opera tetap mengusung logo huruf O berwarna merah, sebagai inisial nama perusahaan. Mereka mengubah jenis font, membuatnya tampak lebih membundar. Kesan tiga dimensi yang hilang pada logo versi 2013 telah kembali, kali ini diracik agar menyerupai portal atau gerbang – mewakilkan harapan developer untuk membawa Anda menuju banyak hal, seperti konten, penemuan, kesenangan serta jawaban.

Menariknya lagi, kata ‘software‘ di belakang Opera juga dihilangkan. Mereka menjelaskan bahwa Opera sudah tumbuh lebih besar dari sekedar penyedia perangkat lunak, kini diakui sebagai perusahaan internet, menyuguhkan beragam pengalaman online. Buat sampai di sana, Opera berkolaborasi bersama dua firma independen, DixonBaxi dari Inggris dan Anti dari Norwegia.

Info menarik: Tampilan Web di Opera Mini Android Kini Tanpa Cela

DixonBaxi membantu Opera dalam menerjemahkan strategi kreatif dan branding global, sedangkan Anti berperan untuk memvisualisasikan identitas tersebut. Prosesnya ternyata tidak sebentar, kerjasama penciptaan logo baru memakan waktu kurang lebih setahun. Semuanya ditujukan buat menyatukan ‘haluan, produk, serta sejarah’ dengan metode komunikasi yang mudah dipahami orang.

Sejauh ini pencapaian Opera memang terbilang mengesankan. Terpantau di triwulan terakhir tahun 2014, mereka sukses merangkul 350 juta user, dan 291 juta di antaranya merupakan pengguna versi mobile. Opera juga telah menyiapkan solusi serta produk anyar, segera diperkenalkan di waktu dekat.

Transisi ke logo baru berjalan secara otomatis mulai tanggal 22 September 2015, diimplementasikan pada Opera untuk Android, Opera Mini Android, Opera Mini di Windows Phone dan Opera web browser  PC.

Sumber: Blog Opera.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter