10 May 2016

by Glenn Kaonang

Opera VPN untuk iOS Beri Anda Kebebasan Menjelajah Internet Tanpa Batasan

Pengguna bisa mengakses layanan atau situs yang sebelumnya diblokir atau belum tersedia di Indonesia dengan mudah

Baru-baru ini, Opera memperkenalkan layanan VPN gratis untuk browser versi desktop-nya. Rupanya tidak butuh waktu lama bagi Opera untuk menyuguhkan layanan serupa kepada para pengguna perangkat iOS lewat aplikasi anyar bernama Opera VPN.

Sama seperti di desktop, layanan VPN ini dapat dinikmati oleh pengguna secara cuma-cuma dan tanpa batasan waktu. Dengan Opera VPN, pada dasarnya pengguna dapat mengakses berbagai layanan maupun situs yang sebelumnya diblokir atas alasan tertentu.

Caranya adalah dengan mengubah IP address pengguna menjadi salah satu dari yang tersedia untuk lima kawasan yang berbeda, yakni AS, Kanada, Jerman, Belanda dan Singapura. Layanan VPN seperti ini sejatinya sangat berguna ketika Anda hendak mengakses sebuah layanan yang belum tersedia untuk Indonesia, seperti misalnya layanan streaming musik losslessTidal.

Contoh lain penggunaan Opera VPN adalah ketika Anda tersambung ke jaringan Wi-Fi di kampus atau kantor, dan sejumlah situs media sosial tak bisa diakses karena diblokir. Intinya, misi yang dituju Opera adalah memberikan kebebasan bagi pengguna untuk menikmati konten di internet sebagaimana mestinya.

Tidak cuma itu, Opera VPN juga dibekali kemampuan untuk menghilangkan cookies pelacak iklan yang biasanya akan terus ‘membuntuti’ pengguna selama menjelajah internet, yang berujung pada lebih terjaganya privasi pengguna.

Opera VPN saat ini sudah bisa diunduh langsung melalui App Store. Aplikasi ini telah mendukung sejumlah bahasa, termasuk halnya Bahasa Indonesia.