Categories

Gadget

OPPO A15 Diluncurkan, Alternatif Terjangkau Bagi yang Mendambakan Perangkat Berlayar Besar

Mirip A11k, tapi sedikit lebih mahal sekaligus lebih superior

Glenn Kaonang - 26 November 2020

Menyusul kehadiran OPPO A11k beberapa hari yang lalu, OPPO kini secara resmi meluncurkan A15 di Indonesia. Kalau melihat penamaannya, ekspektasi kita tentu mengatakan bahwa posisi perangkat ini berada sedikit di atas A11k.

Dari perspektif yang paling sederhana, A15 diciptakan sebagai alternatif bagi yang mungkin merasa layar 6,22 inci milik A11k terlalu kecil. Benar saja, A15 datang mengusung layar 6,52 inci dengan resolusi 1600 x 720 pixel, tidak ketinggalan pula integrasi eye comfort filter untuk meminimalkan kelelahan mata akibat terlalu lama menatap layar.

Sama seperti A11k, poni milik A15 juga berbentuk seperti tetesan air dan tidak memakan terlalu banyak ruang. Secara teknis, A15 memiliki rasio layar ke bodi sebesar 89%, dan dipadukan dengan tebal bodinya yang hanya 7,9 mm, perangkat ini semestinya bakal terasa cukup nyaman digunakan dengan satu tangan.

OPPO A15

Dari segi spesifikasi, A15 memiliki banyak kesamaan, utamanya chipset yang digunakan, yaitu MediaTek Helio P35. Yang agak berbeda adalah kapasitas RAM-nya, yang sedikit lebih besar di angka 3 GB. Untuk storage internalnya, A15 punya ruang penyimpanan sebesar 32 GB, belum termasuk tambahan dari kartu microSD (maksimal hingga 256 GB). Kapasitas baterainya sendiri sama persis di angka 4.230 mAh.

Selain layar yang lebih besar, A15 juga mengemas sistem kamera yang lebih lengkap daripada A11k. Jadi di samping kamera utama 13 megapixel dan depth sensor 2 megapixel, A15 turut dibekali kamera macro 2 megapixel dengan kemampuan mengunci fokus dari jarak sedekat 4 cm. Lebih lanjut, kamera depan milik A15 juga punya resolusi lebih tinggi di angka 8 megapixel. Semuanya tentu tanpa melupakan fitur-fitur pelengkap berbasis AI.

Terakhir, sama halnya seperti A11k, OPPO A15 turut mengandalkan sistem operasi ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10. Meski bukan yang paling gres, ColorOS 7.2 tetap dilengkapi sejumlah fitur menarik seperti Dark Mode, 3-Finger Scrolling Screenshot yang kini mendukung mode horizontal dan tangkapan dokumen PDF, Icon Pull-Down Gesture untuk memudahkan navigasi di layar besar, dan Smart Sidebar sebagai akses cepat ke aplikasi yang paling sering digunakan.

OPPO A15

“Kami senang dapat memperkenalkan OPPO A15, perangkat yang dapat memenuhi kebutuhan esensial pengguna terutama untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga pada masa pandemi seperti ini. Kehadiran layar besar 6,52 inci dihadirkan untuk menunjang kebutuhan berbagai kegiatan daring termasuk bekerja maupun belajar. Tidak lupa, kami juga melengkapi perangkat ini dengan 3 kamera utama yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna untuk mendokumentasikan berbagai momen spesial,” ucap Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia dalam siaran persnya.

Rencananya, OPPO A15 bakal segera dipasarkan mulai 27 November 2020 melalui jaringan luring OPPO Store maupun OPPO Official Store di berbagai situs e-commerce. OPPO A15 dihargai Rp1.999.000, dan pilihan warna yang tersedia ada dua, yakni Dynamic Black dan Fancy White.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter