Categories

Gadget

OPPO A16 Disingkap, Unggulkan Bodi yang Stylish Sekaligus Tipis Meski Baterainya Besar

Tebal bodi OPPO A16 cuma 8,4 mm, dengan bobot 190 gram, tapi baterainya punya kapasitas 5.000 mAh

Glenn Kaonang - 9 July 2021

Reno6 bukan satu-satunya smartphone baru yang bakal OPPO rilis di Indonesia dalam waktu dekat. OPPO juga baru saja memperkenalkan OPPO A16, penerus langsung dari OPPO A15 yang ditujukan untuk segmen entry-level.

Meski duduk di kelas bawah, A16 tetap mengunggulkan desain yang stylish sekaligus ergonomis. Penutup atasnya terbuat dari bahan aluminium, menjadikannya tak hanya terkesan premium, tapi juga lebih efektif dalam membuang hawa panas yang dihasilkan. Guna memberikan kesan metalik yang berkilau, OPPO tak lupa menyematkan material berlapis vakum yang diukir dengan laser.

Dari segi dimensi, A16 tergolong ringkas meski layarnya berukuran cukup besar. Perangkat memiliki panjang 16,3 cm, lebar 7,56 cm, dan tebal hanya 8,4 mm, sedangkan bobotnya berada di kisaran 190 gram. Secara keseluruhan, fisik A16 tahan cipratan air dengan sertifikasi IPX4.

Untuk layarnya, A16 hadir membawa panel LCD 6,52 inci dengan resolusi 1600 x 720 pixel. Fitur Eye Care Display memastikan mata pengguna tidak mudah lelah setelah menggunakan perangkat dalam waktu lama, demikian pula fitur Sunlight Screen dan Moonlight Screen yang akan memastikan tampilan layar tetap optimal sepanjang hari. Di kondisi gelap misalnya, layar A16 dapat meredup hingga serendah 2 nit.

Perihal spesifikasi, A16 dibekali chipset MediaTek Helio G35, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB yang dapat diperluas lagi hingga 256 dengan bantuan kartu micro SD. Meski tipis, A16 dilengkapi baterai berkapasitas 5.000 mAh. Secara default, A16 sudah menjalankan sistem operasi ColorOS 11.1, yang berarti pengguna bisa langsung menikmati fitur-fitur inovatif seperti Flexdrop, Three Finger Translate with Google Lens, Game Assistant, maupun Bullet Notification.

Beralih ke kameranya, A16 dilengkapi tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 megapixel, kamera bokeh 2 megapixel, dan kamera macro 2 megapixel. Kamera depannya mengandalkan sensor 8 megapixel, dan OPPO pun tak lupa menyertakan fitur AI Beautification pada kamera belakang sekaligus depannya.

OPPO A16 rencananya akan segera dijual secara online maupun offline pada bulan Juli ini juga dengan harga Rp1.999.000. OPPO menyediakan dua varian warna untuk A16: Crystal Black yang memancarkan kilau kristal transparan dengan rona biru dalam tekstur hitam pekat, dan Space Silver yang tampak berkilau tapi bebas sidik jari berkat lapisan material AG frost matte.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter