23 March 2018

by Bambang Winarso

OPPO A1 Susul R15, Berbekal RAM 4GB dan Fitur Face Unlock

OPPO A1 merupakan smartphone terjangkau dengan spesifikasi yang cukup baik meski tanpa sensor sidik jari

Setelah meluncurkan seri kelas menengah, R15 beberapa waktu lalu, OPPO mengalihkan fokus ke kelas yang lebih rendah dengan memperkenalkan model baru, OPPO A1. Dilabeli banderol terjangkau, OPPO A1 datang dalam beberapa pilihan warna berani namun dengan spesifikasi sesuai kelasnya.

Mengemas layar 5,7 inci IPS LCD, layar OPPO A1 cukup menonjol dengan aspek rasio 18:9 meskipun tanpa kehadiran poni di dahinya. Secara keseluruhan, bentuk body OPPO A1 masih terlihat sama dengan beberapa jajaran terdahulu saat “wabah” notch belum melanda. Namun di jajaran ini, OPPO mencoba lebih berani dalam bermain warna, dibuktikan dengan kehadiran varian warna biru yang terlihat lebih menarik ketimbang warna-warna lainnya.

Sayang belum seluruh spesifikasi OPPO A1 dibeberkan ke publik, namun informasi yang ada sudah lebih dari cukup. Kemampuan multi-tasking OPPO A1 tampaknya bakal bisa diandalkan dengan hadirnya RAM sebesar 4GB dan ruang simpan seluas 64GB. Konfigurasi setinggi ini terbilang sulit dijumpai di kelas entry level, jadi OPPO A1 sepertinya punya kans besar untuk menarik hati konsumen.

Sepasang kamera yang cukup mumpuni pun disematkan di bagian belakang dan depan OPPO A1, masing-masing 13MP dan 8MP. Yang unik, perangkat tidak dibekali sensor sidik jari yang semestinya duduk di bawah kamera utama. Sebagai gantinya, OPPO membenamkan fitur Face Unlock untuk membuka kunci perangkat. Cukup disayangkan, namun fitur Face Unlock semestinya memberi kesan lebih canggih. Apalagi di balik cover terdapat batera yang cukup besar, 3180mAh untuk menopang daya perangkat.

OPPO A1 dijadwalkan untuk mulai dijual pada tanggal 1 April dengan banderol di kisaran $220. Belum jelas kapan OPPO akan memboyong A1 ke negara lain, namun sepertinya skenario ke arah itu hanya soal waktu.

Sumber berita GSMArena.