29 February 2016

by Bambang Winarso

Oppo A30, Jagoan Baru yang Kesiangan?

Oppo A30 dibanderol setara dengan Xiaomi Mi 5 tapi dengan spek yang lebih rendah

Sejauh ini Oppo telah berhasil menjadi salah satu pabrikan perangkat yang diperhitungkan di dunia lewat sejumlah smartphone yang mereka punyai. Mereka menawarkan tidak hanya komponen kamera yang apik, tapi juga balutan body yang mengesankan. Pun begitu, Oppo terbilang ogah bersaing dalam hal harga, ini terbukti dari banderol perangkatnya yang relatif lebih mahal ketimbang para kompetitornya.

Yang terbaru Oppo memamerkan perangkat baru bernama A30 yang dibanderol kurang lebih sama dengan Xiaomi Mi 5 di angka $300-an namun dengan spesifikasi yang lebih rendah. Entah apa yang ada di benak Oppo, namun tampaknya kemunculan A30 tidak di saat yang tepat. Bila harus dibandingkan, tak diragukan orang akan lebih memilih Xiaomi mi 5.

Apapun itu, Oppo A30 sudah menampakkan diri dan hanya menunggu waktu sampai Oppo secara resmi menjajakannya. Oppo A30 tiba dengan modal jeroan berupa chipset Snapdragon 800 yang mengemas prosesor quad-core berkecepatan 2GHz. Untuk melahap kebutuhan gaming, Oppo membenamkan pengolah grafis Adreno 330 bersama dengan RAM sebesar 3GB. Memori internalnya seluas 16GB yang bisa diperluas dengan slot microSD hingga 128GB.

Segenap komponen jeroan tersebut dibungkus rapi oleh layar selebar 5 inci Full HD serta pelengkap berupa kamera bongsor 13MP di belakang dan 8MP di depan. Smartphone yang juga mendukung 4G LTE ini dipersolek oleh interface dari Android 5.1.1 Lolippo dan suplai daya dari baterai 2.525mAh.

Sumber berita OppoΒ dan Timesnews.