Categories

Gadget

Oppo A5s Tawarkan Baterai Besar dan Segudang Fitur Gaming di Harga Terjangkau

Oppo juga punya solusi terkait pembatasan waktu bermain PUBG Mobile yang tengah dikaji pemerintah.

Yoga Wisesa - 27 March 2019

Melesatnya kualitas permainan mobile dan meledaknya kepopuleran esports di platform itu disikapi para produsen secara sigap lewat penggarapan smartphone khusus gaming. Dan setelah para perusahaan berlomba-lomba menawarkan produk flagship-nya, pelan-pelan kapabilitas di sana diturunkan ke perangkat yang lebih terjangkau. Langkah tersebut bahkan dilakukan pula oleh Oppo yang sejauh ini belum menyediakan handset gaming.

Satu hal perlu ditekankan: belum adanya smartphone gaming dari Oppo tak berarti perusahaan tak peduli terhadap segmen ini. Sebaliknya, Oppo sudah cukup lama berkolaborasi bersama Tencent dan mereka merupakan salah satu sponsor utama PUBG Indonesia National Championship . Masih berkaitan dengan dukungan Oppo terhadap hobi gaming, produsen asal Dongguan Tiongkok itu resmi meluncurkan Oppo A5s di Indonesia.

Eksistensi A5s tersingkap hanya beberapa minggu lalu, disiapkan sebagai alternatif dari A5 dengan system-on-chip berbeda, kali ini diotaki MediaTek Helio P35. Di tanah air, A5s pada dasarnya ialah penerus kiprah A3s di kelas entry-level . Dalam presentasi produk, PR manager Aryo Meidianto memaparkan tiga keunggulan utama Oppo A5s: penampilan, daya tahan baterai, dan kepiawaian di gaming.

 

Mengenai desain

Oppo A5s adalah smartphone berlayar 6,2-inci yang menyuguhkan resolusi HD+ 1520x720p. Panel tersebut memanfaatkan desain notch water drop seperti yang diterapkan pada F9, dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3, lalu dibubuhkan pada body berkonstruksi plastik dengan dimensi 155,9x75,4x8,2mm dan bobot 170g. Sisi belakangnya juga menyerupai sang 'selfie expert'. Di sana Anda bisa menemukan logo, sensor sidik jari, dan kamera yang diposisikan hampir identik.

Meski demikian, mereka yang teliti atau pengguna setia Oppo kemungkinan dapat melihat perbedaannya tanpa kesulitan. A5s belum menggunakan pola warna gradasi seperti F9. Kemudian, lis metalik yang membatasi area sensor fingerprint dan modul kamera menggunakan warna emas. Buka bagian tray-nya dan Anda akan menemukan tiga slot kartu; dua untuk SIM dan satu lagi disediakan buat menempatkan microSD.

Oppo menyajikan dua pilihan warna, yaitu merah dan hitam.

 

Dukungan baterai besar dan spesifikasi

Sebagai salah satu nilai jual utama A5s, Oppo membekali smartphone dengan baterai berkapasitas 4.230mAh. Kehadirannya di sana diklaim mampu menjaga perangkat tetap aktif hingga 17 jam dalam pemakaian normal, atau sanggup menghidangkan video non-stop selama 13,5 jam secara offline. Selain itu, baterai turut ditunjang fitur fast charging 5V2A untuk mempersingkat proses pengisian ulangnya.

Melengkapi chip Helio P35 berisi prosesor octa-core Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320, Oppo turut mencantumkan RAM sebesar 2GB serta ROM seluas 32GB (yang bisa Anda tambah via microSD 128GB). Smartphone berjalan di sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan overlay Color OS 5.2. Menurut Oppo, komposisi tersebut sudah cukup mumpuni untuk menjalankan permainan-permainan Android populer - dibahas lebih detail di bawah.

Untuk menangani fotografi, Oppo A5s mengusung setup kamera ganda di belakang, terdiri atas sensor 13Mp f/2.2 AF plus sensor kedalaman 2Mp f/2.4, serta sebuah kamera depan 8Mp f/2.0 yang turut ditunjang HDR.

 

Gaming

Ada deretan kemampuan yang Oppo hadirkan demi memastikan pengalaman gaming Anda di A5s berjalan optimal. Beberapa fitur ini bekerja di background, tetapi sangat krusial - contohnya kapabilitas optimalisasi serta perlindungan jaringan sehingga pertandingan online bisa dilalui tanpa ada kendala koneksi. Di sana, Anda dapat mengaktifkan mode bebas gangguan, yang akan mematikan fungsi kartu SIM 2 secara sementara.

Ada berita gembira bagi para penggemar PlayerUnknown's Battlegrounds Mobile. Oppo menjalankan kemitraan dengan Tencent selaku publisher versi portable permainan battle royale ini untuk memaksimalkan kinerja engine di produk mereka. Di dalam game, Anda dipersilakan pula memanfaatkan Smart Game Bar buat menangkap screenshot secara ringkas atau segera membalas pesan tanpa men-switch tampilan.

Anda mungkin sudah mendengar soal fatwa MUI dan kajian yang dilakukan oleh Kominfo soal pembatasan waktu bermain PUBG Mobile. Tak perlu repot-repot. Color OS 5.2 telah disertai Kid Space (bahasa Indonesianya: Ranah Anak), yaitu fitur untuk mematok durasi akses aplikasi dari mulai sesingkat 15 menit sampai 3 jam. Buat mematikannya, dibutuhkan password atau verifikasi sidik jari orang tua. Kid Space sebetulnya tidak cuma hadir di A5s, namun juga di A3s, A7, F9, R17, Find X, termasuk F11 Pro dengan Color OS 6-nya.

Hal-hal kecil juga tidak luput dari perhatian Oppo. Khusus bagi Anda yang gemar bermain game buat mengisi waktu di perjalanan, tersedia pilihan untuk mengunci kecerahan layar. Gunanya adalah mencegah perubahan intensitas output display yang berpeluang merusak konsentrasi.

 

Ketersediaan dan harga

Dalam memasarkan A5s, Oppo menggandeng Akulaku untuk menyuguhkan program cicilan dengan uang muka rendah dan potongan harga hingga Rp 250 ribu, berlaku mulai minggu ini sampai tanggal 7 April nanti. Oppo A5s sendiri baru akan tersedia di pasar pada tanggal 27 Maret 2019, dipatok di harga sangat atraktif, cuma Rp 2 juta saja.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter